Polres Perketat Jalan Tikus di Perbatasan

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 640

Polres Perketat Jalan Tikus di Perbatasan
ilustrasi
PUTUSSIBAU, SP - Menindaklanjuti pembentukan Satgas Pangan oleh Kapolri, Polres Kapuas Hulu terus menjaga stabilitas pangan di Bumi Uncak Kapuas. Satu di antaranya adalah mengamankan Sembako ilegal dari negara tetangga, Malaysia, di Jalan Tembus Sawit Wilayah Silat, beberapa waktu lalu.  

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi mengatakan, pihaknya telah terlebih dahulu memetakan kerawanan di Bumi Uncak Kapuas. Terkait keluar masuknya barang ilegal melalui perbatasanIndonesia-Malaysia, utamanya di Kecamatan Badau dan sekitarnya.  

"Mereka memasukkan barang ilegal melalui jalan tikus. Saya menyakini, masih banyak barang yang masuk dari Malaysia melalui perbatasan, dan ke depannya, kita akan perketat," kata AKBP Imam.   Dijelaskannya, untuk barang-barang ilegal yang diamankan antara lain, gula 300 kilogram, beras 10 karung, telur 6 ikat, tepung, susu dan milo. Adapun tersangkanya atas nama Yermia dan Warsono, warga Kabupaten Sintang.  

"Badau-Silat ini merupakan jalur baru, yang jadi perhatian serius kami. Selama ini, pelaku memanfaatkan Sosek Malindo untuk bisnis barang ilegal," jelasnya.   Para pebisnis, lanjut Kapolres biasanya ke perbatasan seperti Badau, menggunakan mobil dengan ukuran kecil. Sepulang dari Badau, mereka membawa barang-barang ilegal dari Malaysia.  

"Kami terus mempelajari berbagai modus pelaku saat memasukkan barang ilegal dari Malaysia. Intinya, kami tidak pandang bulu dan menindak tegas para pelaku yang berani bermain," papar Kapolres.   Dijelaskannya juga, selain mengamankan Sembako ilegal dari Malaysia, pihaknya juga berhasil mengamankan mobil Malaysia merk isuzu dimex, pada 8 Juni 2017.  

"Untuk mengelabui petugas, pelaku menggunakan modus hendak mengganti mesin mobil ke Pontianak. Kejadian ini baru pertama kali terungkap, dan akan kami selidiki jaringannya," katanya.  

Kapores juga menyampaikan hasil Oprasi Penyakit Masyarakat Kapuas (OPK) 2017, yang dilaksanakan pada Bulan Suci Ramadan 1438 H. Polres Kapuas Hulu, berhasil mengamankan pengedar dan pemakai barang haram Narkoba. Dari tangan tersangka, disita delapan gram Narkoba jenis sabu. Selain itu, juga mengamankan ATM yang digunakan pelaku untuk transaksi.  

"Pemakai juga telah kita amankan, atas nama Ira. Ia kos di Jalan Lintas Selatan, dan dari tangan tersangka ada setengah gram Narkoba jenis sabu," ungkapnya. (sap/mul)