PDAM Putus Aliran Air Penunggak

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 656

PDAM Putus Aliran Air Penunggak
ilustrasi
PUTUSSIBAU, SP - Direktur PDAM Kapuas Hulu, Mohamad Sainihadi menyatakan, jumlah tunggakan rekening pelanggan ke PDAM mencapai Rp1,99 miliar. Angka ini merupakan data PDAM pada akhir Juni 2017.  

"Angka tersebut terdiri dari tunggakan pelanggan aktif dan pasif. Untuk tunggakan aktif Rp1,326 milar. Sementara tunggakan pelanggan pasif, mencapai Rp655,48 juta," ujar Saini, kepada wartawan, Rabu (5/7).
 

Saini menuturkan, pelanggan pasif adalah pelanggan yang sudah putus sambungan sementara, tapi masih terdaftar sebagai pelanggan. Dan angka tunggakan pelanggan aktif tertinggi di ibu kota kabupaten, Rp861 juta, yaitu di Putussibau Utara Rp517,2 juta dengan 1.450 pelanggan, dan di Putussibau Selatan Rp 343,7 juta, dengan 1.023.  

"Kami sudah berupaya lakukan penagihan, serta mengirimkan surat pemberitahuan tunggakan. Dimana banyak konsumen yang mengabaikan, dan berbagai dalih menunggu gaji, Kespeg, nunggu ini dan itu," ucapnya.   Namun, kata Saini, pihaknya masih memberi toleransi dan tidak memutus Sambungan, mengingat saat itu jelang dan saat bulan puasa.  

"Setelah idul fitri, barulah kami melakukan pemutusan sementara, pada pelanggan yang sudah diberikan surat pemberitahuan atau peringatan," jelasnya.

Saini menuturkan, penyambungan kembali di lakukan tiga hari setelah pembayaran. Ia berharap, adanya pemutusan sementara bisa menimbulkan efek jera.
 

“Minggu ini, kami memutus sekitar 150 SR, dan ratusan lainnya menyusul. Pelanggan menunggak juga dari berbagai kalangan. Bukan hanya rumah tangga biasa, rumah tangga yang tergolong mewah, dan rumah dinas juga tidak sedikit menunggak," katanya.  

Dalam hal ini juga jelasnya, PDAM akan memberikan sebuah kebijakan agar tunggakan bisa di cicil secara kontinyu, namun sering diabaikan.  

"Kalau sudah dilakukan pemutusan maka tidak bisa lagi dicicil, harus dibayar lunas, termasuk dendanya," ujarnya.  

Sedangkan jumlah pelanggan PDAM saat ini ada 11.500 Sambungan Rumah, yang tersebar di 15 unit pelayanan, angka pelanggan tersebut terus bertambah.   "Saya mengimbau pada seluruh masyarakat konsumen yang menunggak segera lunasi tunggakan," ungkapnya. (sap/mul)

Komentar