Pengawas Sekolah Diminta Profesional

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 576

Pengawas Sekolah Diminta Profesional
ilustrasi
PUTUSSIBAU, SP - 40 Pengawas Sekolah SD dan SMP di Kapuas Hulu, mengikuti kegiatan penindakan dan pelatihan, dalam rangka peningkatan kompetensi Pengawas Sekolah 2017. Pembukaan kegiatan ini berlangsung di Gedung Graha Korpri Putussibau, Senin (21/8).  

Panitia penyenggara, H Sarbani mengatakan, peran Pengawas sekolah sangat penting, yaitu membantu peningkatan kualitas pendidikan di Bumi Uncak Kapuas. Oleh karena itu, para pengawas perlu mendapatkan berbagai bekal keilmuan.   "Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi Pengawas Sekolah. Baik kemampuan, keahlian, keterampilan, dan profesionalitas, dalam melaksanakan tugas," kata H Sarbani.  

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Pengawas Sekolah bisa berperan sebagai jembatan antara pihak sekolah dengan semua pihak, terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi sekolah. Pengawas Sekolah, adalah kepanjangan tangan dinas, dalam mengelola pendidikan.  

"Kegiatan ini dilaksanakan enam hari, sejak Senin (21/8) hingga Sabtu (26/8), di Gedung Graha Korpri Putussibau," paparnya.   Sekda Kapuas Hulu, H Muhammad Sukri mengatakan, pendidikan jadi pilar penting pembangunan. Selama ini, Pemkab telah berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, baik melalui pemenuhan sarana dan prasarana, serta Sumber Daya Manusia (SDM).  

"Pendidikan merupakan investasi bangsa, sehingga pembangunan dapat berjalan dari tingkat bawah,” ujar Sekda Sukri.   Menurut Sekda Sukri, sekolah memiliki peran yang sangat vital dalam mencetak SDM yang mempuni. Oleh karena itu, sekolah harus meningkatkan kualitas pendidikan, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah.  

"Untuk menjamin pendidikan berkualitas, diperlukan pengawas yang berkualitas juga. Sehingga kualitas dan kemampuan pengawas, harus terus ditingkatkan," ungkapnya.  

Ditegaskan Sekda, pengawas harus lebih pintar dari kepala sekolah, agar bisa membina dan membangun sekolah yang jadi tanggung jawabnya. Selain itu, Pengawas Sekolah juga harus terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak sekolah.  
"Tingkat kelulusan siswa di Kapuas Hulu sudah sangat tinggi. Oleh karena itu, masri terus kita tingkatkan pengelolaan pendidikan yang baik,” pungkasnya. (sap/mul)

Komentar