Berstatus BLUD, RS Putussibau Dituntut Lebih Baik

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 966

Berstatus BLUD, RS Putussibau Dituntut Lebih Baik
Ilustrasi
PUTUSSIBAU, SP - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Achmad Diponegoro Putussibau, saat ini telah bersatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Dengan berubahnya status tersebut, RSUD tersebut diminta untuk memberikan pelayanan yang optimal terhadap para pasiennya.  

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu,m Harisson,  dengan menyandang status BLUD artinya pihak RSUD dapat mengelola sendiri keuangan rumah sakit. Berbeda dengan sebelumnya, dimana pihak rumah sakit harus terlebih dahulu menyetorkan pendapatannya ke Pemda Kapuas Hulu, pada tahun berikutnya barulah uang tersebut dikembalikan lagi.
 

"Kalau dulu uang jasa untuk dokter maupun perawat yang melakukan pelayanan kepada pasien, pembayarannya dilakukan tahun depan. Namun dengan sudah adanya status BLUD ini, pemasukan dapat dikelola oleh pihak rumah sakit," ujarnya, Minggu (10/9).   Dijelaskannya, dengan status RSUD menjadi BLUD, pihak rumah sakit dituntut untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.   

"Kedepan saya berharap tidak hanya rumah sakit saja statusnya berubah BLUD, melainkan puskesmas juga sama," harapnya.   Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero sangat berharap dengan status BLUD ini rumah sakit dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Meskipun diketahui sarana dan prasarana rumah sakit ini masih perlu ditambah lagi.   

 “Status BLUD tinggal melihat komitmen dari pemerintah saja, jika pemerintah tidak komitmen dan tidak sesuai dengan aturan, bisa saja status rumah sakit ini kembali ke tipe yang lebih rendah,” katanya.  

 Ditambahkannya, walaupun sarana dan prasarana rumah sakit ini masih sangat kekurangan, bukan berarti pemerintah tidak melakukan upaya peningkatan status. Karena sarana dan prasana itu bukanlah menjadi ukuran pemerintah dalam melakukan peningkatan status rumah sakit.   

 “Kami melihatnya bukan kondisi saat ini, tapi peningkatan status BLUD ini dilihat dari bawah,” jelasnya.   Dengan status ini pula, dikatakan Wabup sudah ada perubahan yang tampak, terutama dalam pelayanan rumah sakit. Begitu juga dengan Puskesmas. Ia pun mengharapkan Puskesmas di Bumi Uncak Kapuas juga bisa berubah status BLUD.  

 “Status Puskesmas Bumi Uncak Kapuas ini akreditasi sudah tinggi, karena dianggap pelayanan kepada masyarakat sudah baik, mudahan bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.(sap/pul).  

Komentar