Pemda Kapuas Hulu Permudah Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Kapuas Hulu

Editor Kiwi Dibaca : 653

Pemda Kapuas Hulu Permudah Pelayanan Kesehatan Masyarakat
Kata Sambutan - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir memberikan sambutan saat membuka kegiatan Pengobatan Gratis dan Sunatan Massal, di halaman Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar Cabang Semitau, Rabu (27/9).
PUTUSSIBAU, SP – Pemerintah Daerah (Pemda) Kapuas Hulu melalui Dinas Kesehatan, Germas, dan bekerjasama dengan Bank Kalbar melakukan kegiatan pengobatan gratis dan sunatan massal, Rabu (27/9).    

Kegiatan yang berlangsung di halaman Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar Cabang Semitau tersebut dibuka oleh Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk menuju Indonesia sehat yang harus berawal dari diri sendiri. Selain itu, juga untuk mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 

“Wilayah Kapuas Hulu sangat luas, sementara pelayanan kesehatan belum merata. Melalui kegiatan ini, sebagai salah satu upaya untuk pemerataan pelayanan kesehatan bermutu kepada masyarakat," terangnya.  

Bupati juga berharap, pembangunan rumah sakit di Kecamatan Semitau dapat segera terselesaikan. Sejauh ini pihaknya juga telah meminta ke Menteri Kesehatan agar pembangunan rumah sakit pratama di daerah tersebut terus dilanjutkan, dan anggarannya ditambahkan lagi.  

"Jika sudah selesai rumah sakit di Semitau ini, maka akan ditangani oleh para dokter spesialis secara berkala. Kami harapkan nantinya rumah sakit ini mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di beberapa kecamatan yang dekat dengan Semitau," harapnya.  

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Hulu, Harrison menyatakan, pengobatan gratis ini terdiri dari pengobatan khusus bagi ibu hamil dan anak-anak, yang ditangani langsung oleh dokter spesialis kandungan dan anak. Termasuk juga dengan sunatan massal, langsung oleh tim kesehatan yang profesional.  

"Kegiatan pengobatan gratis dan sunatan massal ini merupakan program Pemda dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," terangnya.   Ia juga mengataka, sebelumnya pihaknya telah melakukan pengobatan secara gratis dan sunatan massal di beberapa kecamatan di Kapuas Hulu. Tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat.  

"Antusias masyarakat Semitau sangat luar biasa, untuk mengikuti pengobatan gratis dan sunatan massal. Peserta sunatan massal ini, bukan hanya kalangan muslim saja, namun diikuti oleh kalangan non muslim juga," jelasnya.   Harisson berharap kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut dapat memberikan menfaat besar kepada masyarakat, dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.  

“Kegiatan seperti ini pastinya akan terus digalakkan demi pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat,” pungkasnya.   Sementara itu, Warga Danau Kenelang, Suhaid Ida berharap kedepan agar kegiatan tersebut menyasar daerah tertinggal dan terpencil seperti wilayah danau dan pinggiran sungai kapuas.  

"Prioritasnya harus warga yang tidak mampu dan di tempat yang minim pelayanan kesehatannya," singkatnya. (hms/sap/pul)