KPU Kapuas Hulu Buka Pendaftaran Calon Anggota

Kapuas Hulu

Editor Tajil Atifin Dibaca : 808

KPU Kapuas Hulu Buka Pendaftaran Calon Anggota
ilustrasi
PUTUSSIBAU, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu akan melaksanakan rekrutmen calon anggota PPK dan PPS untuk Pilgub 2018. Pembukaan pendaftaran mulai dilaksanakan pada 13-17 Oktober 2017 mendatang, di Kantor KPU setempat.  

Komisioner KPU Kapuas Hulu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Awang Ramlan Iskandar menjelaskan seleksi anggota PPK dan PPS sesuai dengan PKPU Nomor 1 Tahun 2017, di mana untuk pembentukan PPK dan PPS akan dilaksanakan dari tanggal 12 Oktober 2017 hingga 11 November 2018.  

"Diawali dengan pengumuman dan pendaftaran calon anggota PPK/PPS tanggal 12-14 Oktober 2017, untuk pendaftaran tanggal 13-17 Oktober 2017," katanya, Minggu (8/10).  

Ditambahkannya, untuk penelitian administrasi tanggal 18-21 Oktober 2017, pengumuman hasil penelitian administrasi PPK/PPS dan tanggapan masyarakat 21-23 Oktober 2017, seleksi tertulis tanggal 30 Oktober 2017, seleksi wawancara calon anggota 31-7 November 2017.  

"Kemudian selanjutnya barulah rapat pleno penetapan hasil seleksi wawancara calon anggota PPK/PPS, kemudian baru dilakukan pengumuman hasil seleksi calon anggota PPK dan PPS," jelasnya.  

Ditambahkan Awang, syarat untuk menjadi anggota PPK dan PPS yakni, Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 17 tahun, setia pada pancasila dan UUD 1945, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, tidak menjadi anggota partai politik selama lima tahun terakhir, berdomisili di wilayah kerja PPK/PPS, berpendidikan paling rendah SMA Sederajat.   "Belum pernah menjabat dua priode sebagai anggota PPK/PPS, mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkoba," katanya.  

Terpisah Ketua KPU Kapuas Hulu Lisma Roliza menjelaskan, untuk memfasilitasi pengumuman di tingkat kecamatan, KPU Kabupaten Kapuas Hulu telah berkoordinasi dengan Bupati Kapuas Hulu untuk meminta bantuan agar para camat dapat membantu memfasilitasi dan menunjuk satu petugas pendaftaran ditiap-tiap kecamatan.  

"Kami berharap masyarakat berpartisipasi dengan mengikut sertakan diri untuk mendaftar menjadi calon PPK dan PPS, utamanya bagi warga tempatan," harapnya.  


Ia juga mengatakan untuk berkas pendaftaran disampaikan ke KPU Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangkap dua yang terdiridari asli dan salinan. (sap)