Rabu, 18 September 2019


Polres dan Kodim Siap Kawal Demo Pekerja Kayu Kapuas Hulu

Editor:

Admin

    |     Pembaca: 699
Polres dan Kodim Siap Kawal Demo Pekerja Kayu Kapuas Hulu

Ilustrasi. (Koko/SP)

PUTUSSIBAU, SP - Polres Kapuas Hulu dan Kodim 1206 Putussibau sudah mengetahui rencana demonstrasi yang akan dilakukan masyarakat, yang tergabung dalam perkumpulan pekerja kayu dalam hutan hak masyarakat wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, di gedung DPRD Kapuas Hulu, pada Senin (16/10) mendatang.

Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu Iptu Idris Baskara mengatakan, terkait rencana demonstrasi yang akan dilakukan sudah dikoordinasikannya kepada Kasat Intel dan Kabag Ops Polres Kapuas Hulu.

"Sudah saya sampaikan kepada rekan-rekan agar sesuai prosedur dan aturan yang tertera," katanya Rabu (11/10).

Saat ini pihaknya pun sudah mendapatkan surat tembusan dan permintaan pengawalan oleh masyarakat yang akan menyampaikan audiensi di DPRD Kapuas Hulu. "Yang pasti kami tetap akan melakukan pengawalan," ungkapnya.

Idris berharap, dalam melakukan unjuk rasa atau menyampaikan aspirasinya, masyarakat harus tertib, sesuai dengan jadwal dan ketentuan dalam penyampaian unjuk rasa yang berlaku. "Jangan ada tindakan -tindakan tidak terpuji di lapangan," pintanya.

Ditegaskannya, bila masyarakat melakukan tindakan anarkis dan merusak fasilitas negara, maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk mengambil tindakan tegas. Sesuai tahapan penangan pengendalian masa, ada tingkatan-tingkatan dan langkah-langkah yang dilakukan pihaknya.

"Untuk tindakan masa yang sudah di luar kendali atau anarkis apalagi sudah merusak, pastinya kita akan mengambil langkah," tegasnya.

Sementara itu, Dandim 1206 Putussibau Letkol Infantri M Ibnu Subroto mengatakan, pihaknya siap memback up Polres Kapuas Hulu bila diminta bantuan untuk pengamanan masa yang hendak melakukan unjuk rasa tersebut.

"Sejuah ini dari Polres belum meminta bantuan pengamanan kepada kami, tapi kami siap bila kita diperlukan," katanya.

Diterangkan Ibnu, tujuan dari aksi demonstrasi yang dilakukan masyarakat mereka meminta DPRD Kapuas Hulu menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) untuk penebangan kayu di wilayah hutan adat.

Ia pun mengimbau agar masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya tidak melanggar aturan yang ada. Dan kepada para petugas yang mengamankan aksi demo tersebut, diharapkan mengedepankan kesabaran dalam menghadapi masa. (sap/pul)


  •