Pemda Kapuas Hulu Gelar Seminar Sejarah Kerajaan Bunut

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 756

Pemda Kapuas Hulu Gelar Seminar Sejarah Kerajaan Bunut
Masjid Baiturrahman, berdiri sejak 1861 M - masjid tertua di Kapuas Hulu. Net
PUTUSSIBAU, SP - Pemerintah Daerah (Pemda) Kapuas Hulu bersama Universitas Tanjungpura melaksanakan kegiatan seminar hasil penelitian sejarah Kerajaan Bunut, di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Rabu, (22/11).
 
Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengatakan, kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk mengetahui asal-usul dan mencatat sejarahnya secara tertulis. Sebab selama ini masyarakat hanya mendengar cerita saja terkait keberadaan Kerajaan Bunut.

"Keberadaan kerajaan Bunut ini harus tercatat, agar bisa diketahui oleh anak cucu di masa yang akan datang. Perlu diketahui bahwa Belanda memiliki catatan sejarah Kerajaan Bunut," ungkapnya.

Sementara itu, tim penelitian sejarah Kerajaan Bunut, H Wan Mansor Andi Mulia mengatakan, penelitian sejarah Kerajaan Bunut masih perlu masukan dan pendapat dari berbagai tokoh masyarakat, untuk melengkapi keakuratan sejarah kerajaan tersebut.

"Penelitian kami hanya menggali nilai budaya, untuk mengetahui asal usul sejarahnya melalui seminar ini," katanya.

Seminar hasil penelitian tersebut, dijelaskannya pula melibatkan seluruh tokoh masyarakat, dengan begitu agar berbagai pendapat dan masukan bisa diterima semua, sehingga dapat membantu untuk keakuratan sejarah tersebut.

"Ini yang memang kita harapkan, berbagai tokoh semua hadir, apa pun masukan dan pendapat mereka akan ditampung untuk melengkapi yang sudah ada," pungkasnya. (sap/pul)