Desa Rantau Kalis dan Nanga Tubuk Impikan Bantuan Pertanian

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 629

Desa Rantau Kalis dan Nanga Tubuk Impikan Bantuan Pertanian
PANTAU LOKASI - Pemantauan lokasi pertanian Rantau Kalis dan Nanga Tubuk, Sabtu (26/11). (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Warga Desa Rantau Kalis dan Nanga Tubuk, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, meminta Pemerintah Pusat memberikan bantuan untuk mengembangkan sektor pertanian di wilayah mereka. Mengingat dua desa tersebut, memiliki potensi yang cukup besar di bidang ini.

Kades Rantau Kalis, Sunan Pujiadi menjelaskan, kendala yang dihadapi pihaknya karena minimnya jumlah dana yang ada. Sehingga kesulitan untuk mengembangkan sektor pertanian.

"Selama ini kami mengandalkan dana DD dari pusat, namun dana itu masih belum cukup, oleh karena itu kami meminta agar Pemda dan Pempus membantu kami," harapnya, Sabtu (25/11).

Sunan ditemui usai mendampingi Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian di Kementrian Pertanian (Kementan) RI Heri Suliyanto, Sekretaris Dinas Pertanian dan Anggota DPRD Kapuas Hulu meninjau lokasi potensi pertanian di desanya mengutarakan, terkait program cetak sawah, pihaknya belum pernah mendapatkan bantuan tersebut. Padahal cetak sawah sudah sering diajukan dalam setiap Musrenbang baik tingkat desa maupun kecamatan.

Kades Nanga Tubuk, Yohanes menerangkan, saat ini irigasi persawahan di desanya sudah jebol dan harus segera diperbaiki, agar dapat difungsikan kembali oleh para petani. Irigasi itu dibangun sekitar tahun 1990 dan dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat.

Saat ini, di desa tersebut sudah terbentuk enam kelompok pertanian yang sudah di SK kan oleh Bupati Kapuas Hulu. Sementara untuk luas potensi lahan pertanian 50 hektare. (sap)