Senin, 14 Oktober 2019


Bulog Siap Salurkan Beras Cadangan untuk Korban Banjir Kapuas Hulu

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 635
Bulog Siap Salurkan Beras Cadangan untuk Korban Banjir Kapuas Hulu

PENYALURAN - Penyaluran beras dari Kansilog Kapuas Hulu, Selasa (28/11). (SP/Syapari)

PUTUSSIBAU, SP – Guna melayani masyarakat, di tengah banjir besar yang melanda, Kantor Seksi Logistik (Kansilog) Putussibau, Perum Bulog Kabupaten Kapuas Hulu mensdistribusikan komoditi kepada mesyarakat melalui mitranya Rumah Pangan Kita (RPK), Selasa (28/11).

Kepala Kansilog Putussibau, Halpid Handi Agus, menjelaskan, saat ini di Jalan komplek pergudangan Bulog Putussibau, dalam kondisi banjir besar. Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat pihaknya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Walaupun kondisi banjir seperti ini jika ada permintaan tetap akan kami distribusikan," katanya.

Dia menerangkan, dengan kondisi air yang sudah setinggi dada orang dewasa, pihaknya menggunakan sampan atau perahu untuk mengangkut logistik utamanya seperti beras dan gula.

"Untuk pendistribusian Beras Pra Sejahtera (Rastra) memang agak terganggu, karena akses transportasi ke sebagian desa-desa terputus, akibat dari banjir ini," katanya

Dikatakannya, dalam kondisi bencana alam saat ini apabila, Pemda Kapuas Hulu meminta Bulog Putussibau mengeluarkan Beras Cadangan Pemerintah (BCP) pihaknya siap untuk mengeluarkan dan menyalurkannya.

"Beras BCP yang ada di gudang Bulog Putussibau saat ini sebanyak 100 ton," terangnya.

Untuk seluruh stok beras PSO yang saat ini tersedia di gudang Bulog Putussibau sebanyak 400 ton lebih. Sedangkan untuk beras komersil tersedia sebanyak 30 ton.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dengan stok ketersediaan beras saat ini, sebab diperkirakan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga awal Tahun 2018," katanya.

Jika beras tersebut dianggap kurang mencukupi, maka pihaknya akan meminta dropping dari Bulog Divre Kalbar. (sap)