Pilgub Kalbar, Tokoh Minta Elite Politik Tak Gunakan Isu SARA

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 603

Pilgub Kalbar, Tokoh Minta Elite Politik Tak Gunakan Isu SARA
Ilustrasi Pilkada. (net)
PUTUSSIBAU, SP – Jelang Pilgub Kalbar 2018 mendatang, sejumlah tokoh di Kabupaten Kapuas Hulu, meminta kepada para elite politik untuk tidak menggunakan isu SARA untuk memenangkan pasangan calon tertentu.

"Para kontestan politik kita minta untuk tetap menghormati, agar politik dapat berjalan sebagaimana mestinya," kata Pastor Paroki Putussibau, Konradus Hancu.

Dia mengatakan, setiap menjelang Pemilu, isu itu kerap digunakan. Namun saat ini gereja masih tetap dalam prinsip-prinsip yang ada, yakni menenangkan jemaatnya dalam berdemokrasi.

Menurunya, agama jangan dibawa-bawa dalam politik atau sebaliknya, agar semuanya menjadi jernih.

KPU sebagai penyelenggara, diminta jeli membina, menangani dan mencegah segala bentuk hal yang mungkin bisa terjadi, di mana agama dipakai untuk kepentingan pribadi.

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero mengimbau masyarakat, agar memilih pemimpin berdasarkan hati nurani. Demokrasi adalah hak warga negara yang tidak bisa dipaksakan.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi mengatakan, untuk memastikan Pilgub Kalbar 2018 berjalan sesuai dengan yang diharapkan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dan langkah-langkah tertentu. (sap)