Total Ratusan Miliar DAK dan DAU Kapuas Hulu, Ini yang Jadi Prioritas

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 518

Total Ratusan Miliar DAK dan DAU Kapuas Hulu, Ini yang Jadi Prioritas
Kabid Bina Marga, Dinas PU Bina Marga dan SDA Kabupaten Kapuas Hulu, Dedy. (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP – Kabid Bina Marga, Dinas PU Bina Marga dan SDA Kabupaten Kapuas Hulu, Dedy menyebutkan, tahun ini Kapuas Hulu mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (Dak) sebesar Rp79 miliar dan Dana Alokasi Umum (Dau) Sebesar Rp.77 miliar.

Khusus untuk DAK digunakan untuk menangani prioritas ruas jalan di lokasi strategis dan wilayah perbatasan.

"Prioritas penyelesaian jalan Sekubah- Jongkong (Kecamatan Jongkong) Menendang-Temenang (Kecamatan Pengkadan) dan Simpang Nanga Kantu-Kayu Baong (Kecamatan Empanang), Jembatan Sungai Temau (Kecamatan Embaloh Hulu). Empat paket tuntas tahun 2018," jelasnya, Senin (15/1).

Sementara DAU, masih tersebar di beberapa kecamatan prioritas yang menangani ruas jalan yang dianggap dalam kondisi rusak dan rusak berat, bersifat peningkatan.

"Targetnya menyesuaikan dengan RPJMD Kapuas Hulu, dimana mengamanatkan pada 2019 mendatang, jalan yang ada 60 persen sudah mantap dan konektifitasnya sudah 100 persen, artinya tidak ada wilayah yang tidak terhubung antara kabupaten ke kecamatan," jelasnya.

Diterangkannya, prioritas penggunaan DAU 2018 ada dua yakni untuk pembangunan jalan Jalan Nanga Danau - Nanga Bunut dan Nanga Embaloh- Nanga Mandau. (sap)