Jelang Pilgub Kalbar, Bandara Pangsuma Kapuas Hulu Perketat Pengamanan

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 375

Jelang Pilgub Kalbar, Bandara Pangsuma Kapuas Hulu Perketat Pengamanan
Kepala Bandara Pangsuma, Hariyanto. (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalbar 2018 mendatang, pengamanan Bandara Pangsuma Putussibau semakin di perketat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Bandar Udara Pangsuma Putussibau, Hariyanto mengatakan, dari sebulan yang lalu Polda Kalbar bersama pihaknya telah melakukan pemetaan terkait potensi kerawanan di Bandara Pangsuma Putussibau.

"Berbagai langkah antisipasi telah dilakukan, kita tidak mau kejadian yang tidak diinginkan terjadi di sini, seperti penghadangan yang terjadi di Sintang beberapa waktu lalu," katanya, Senin (19/2).

Dijelaskannya, untuk wilayah bandara Pangsuma Putussibau yang diperketat seperti pintu masuk melalui ruang VIP dan lintu masuk penumpang umum. Dalam pengamanan pihaknya akan melibatkan pihak Polri dan TNI.

"Selain dengan Polri dan TNI, kami juga berkoordinasi dengan BIN, BAIS dan pihak terkait lainnya," ujarnya.

Untuk pengamanan Bandara pihaknya selalu menyiagakan sebanyak 18 orang petugas selama 24 jam.

"Untuk jumlah penumpang menjelang Pilgub Kalbar tidak terjadi lonjakan, sebab kegiatan-kegiatan politik terjadwalkan," terangnya.

Terkait penggunaan ruangan VIP dikatakannya, dikelola oleh Pemda Kapuas Hulu, sehingga bila ada tamu yang hendak menggunakan ruangan tersebut harus meminta izin kepada Pemda Kapuas Hulu.

"Ke depan kita meminta penggunaan ruangan itu semakin dibatasi,"pintanya

Diterangkannya, untuk halaman keliling Bandara Pangsuma Putussibau semuanya sudah dipagari, sehingga tidak memungkinkan ada oknum tertentu yang masuk dan melakukan tindakan yang tidak diinginkan.

"Untuk armada penerbangan saat ini ada 3 pesawat rute Putussibau- Pontianak. Untuk potensi gangguan penerbangan seperti tali layang-layang dan kabut asap," jelasnya. (sap)