Kamis, 19 September 2019


Dua Tahun Terakhir, Perkara Narkoba Terbanyak Ditangani Pengadilan Putussibau

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 582
Dua Tahun Terakhir, Perkara Narkoba Terbanyak Ditangani Pengadilan Putussibau

Ilustrasi narkoba. (net)

PUTUSSIBAU, SP - Jumlah perkara terbanyak yang diputuskan oleh Pengadilan Negeri Kelas II Putussibau dua tahun terakhir yakni narkoba.

Ketua Pengadilan Negeri Kelas II Putussibau, Saputro Handoyo menjelaskan, jumlah perkara tahun 2016-2017 terbanyak yang ditangani yakni perkara narkoba dengan persentase sekitar 30 persen setiap tahunnya.

"Perkaranya antara pemakai dan pengedar jumlahnya sama banyak, untuk barang bukti terbanyak yakni 31 kilogram sabu dan 1.900 pil ekstasi yang dibawa oleh WNA Malaysia," katanya, Rabu (21/2).

Untuk jumlah perkara yang masuk pada tahun 2016 sebanyak 140, sementara pada tahun 2017 mengalami peningkatan menjadi 143 perkara. Sementara untuk tahun 2018 per Februari pihaknya baru memutuskan sebanyak 15 perkara.

"Tahun 2017 jumlah kasus yang masih berjalan yakni sebanyak 10 perkara, itu masalahnya karena dilimpahkan pada akhir tahun sehingga masih ada tahapan persidangan yang belum selesai," terangnya.

Dijelaskannya, untuk perkara yang diterima pihaknya selama ini selain narkoba seperti perkara pencurian, illegal logging, asusila, karhutla dan lainnya.

Untuk kasus-kasus di Polres dan Kejari selalu dimonitor oleh pihaknya, dalam penilaiannya selama ini kedua lembaga tersebut sudah bekerja secara optimal. (sap)