Border Police Siap Dikerahkan Amankan Perbatasan

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 447

Border Police Siap Dikerahkan Amankan Perbatasan
Penyuluhan hukum Polsek perbatasan. (ist)
PUTUSSIBAU, SP - Polres Kapuas Hulu secara terus menerus meningkatkan kinerja personel Polri yang bertugas di wilayah perbatasan RI- Malaysia, yakni dengan memberikan penyuluhan tentang aturan hukum.

Kabag Sumda Polres Kapuas Hulu Kompol Tejo Sasono, mengatakan, personel yang bertugas di perbatasan harus menguasai peraturan dan perundang-undangan yang ada.

"Tujuannya agar personel Polri yang bertugas di perbatasan sudah siap menghadapi permasalahan yang ada," tegasnya saat memberikan penyuluhan hukum di Polsek Batang Lupar, Selasa (17/4) 

Permasalahan tersebut seperti peredaran keluar masuk barang dan orang. Dan masih banyak tindak pidana lainnya yang harus dicermati dan perlu penanganan khusus.

"Sebelum kegiatan ini dilaksanakan kami telah melakukan pembekalan dan penggemblengan terhadap bintara-bintara yang mendapat pendidikan bintara perbatasan," jelasnya.

Lanjutnya, yakni dengan dibentuknya pasukan khusus yang disebut Border Police yang nantinya akan ditempatkan di perbatasan di Kecamatan Badau tepatnya tidak jauh dari Kantor PLBN Badau.

"Dalam kegiatan sosialisasi penyuluhan hukum kami melakukan pelibatan intansi samping yaitu Intansi Bea dan cukai PLBN Badau dan Imigrasi Putussibau," katanya.

Ia berharap keterlibatan pihak Bea dan Cukai serta Imigrasi nantinya personel yang bertugas di perbatasan memahami cara melakukan pola tindakan dan penanganan baik barang ilegal dan orang asing yang masuk ke wilayah hukum Polres Kapuas hulu.

"Saya memerintahkan kepada seluruh peserta penyuluhan jangan ragu-ragu lagi melakukan tindakan hukum di wilayah perbatasan apabila terjadi tindak pidana," tegasnya. (sap)