Produksi Ubi Kayu di Kapuas Hulu Belum Capai Target

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 448

Produksi Ubi Kayu di Kapuas Hulu Belum Capai Target
Sekda Kapuas Hulu, M Sukri. (SP/Syapari)

?PUTUSSIBAU, SP - Produksi ubi kayu di Kabupaten Kapuas Hulu belum mampu memenuhi target yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat. Hal tersebut pun menjadi penyebab para investor enggan untuk berinvestasi.

Sekda Kapuas Hulu Muhammad Sukri mengatakan, salah satu program prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) Kapuas Hulu yakni pada sektor pertanian khususnya untuk tanaman pangan, selain itu juga ubi kayu dan jagung.

"Khusus untuk tanaman ubi kayu perlu kita evaluasi lagi ke depannya, untuk dicarikan solusi dari permasalahan yang dihadapi," katanya.

Dijelaskannya, saat ini produksi ubi kayu Kapuas Hulu hanya sebanyak 100 hektare, sementara permintaan pemerintah pusat sampai ribuan hektare.

"Kita merasa sudah banyak menanam sebanyak 100 haktare, namun pusat bilangnya itu sangat sedikit," katanya.

Diterangkannya, jika Kapuas Hulu mampu memenuhi permintaan dalam jumlah besar Kadin Pusat juga bersedia untuk mendorong Jepang agar menjalin kerja sama dengan Indonesia.

Ubi Kayu dapat diolah menjadi bermacam-macam seperti alkohol, methanol, gula, tepung mokab dan masih banyak lagi lainnya. Jika dikelola secara optimal ubi kayu berpotensi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (sap)