Selasa, 17 September 2019


Pementasan Tari Persahabatan dan Jodoh di Festival Budaya Polres Kapuas Hulu

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 593
Pementasan Tari Persahabatan dan Jodoh di Festival Budaya Polres Kapuas Hulu

Pementasan tari di Festival Budaya Polres Kapuas Hulu. (SP/Syapari)

PUTUSSIBAU, SP - Warga Kecamatan Hulu Gurung dan Pengkadan menampilkan tarian daerah yang menceritakan tentang persahabatan dan proses mendapatkan jodoh pada masa dahulu. 

Tarian tersebut ditampilkan pada Festival Budaya yang diselenggarakan oleh Polres Kapuas Hulu, di halaman Mapolres setempat, Sabtu (28/4).

Wakil Ketua Panitia AKP Supriyanto menjelaskan, dalam Gelar Budaya minggu ke-10 ini Kecamatan Hulu Gurung menampilkan tarian "Asli Daerah Hulu Gurung" yang menceritakan tentang proses persahabatan yang selalu dialami oleh semua remaja khususnya di Kecamatan Hulu Gurung. 

"Kemudian juga menampilkan tarian persahabatan yaitu tarian menanam dan menumbuk padi, yang menggambarkan kegiatan sehari-hari masyarakat Kecamatan Hulu Gurung," terangnya.

Supriyanto yang juga menjabat sebagai Kasat Binmas Polres Kapuas Hulu ini menerangkan, khusus untuk Kecamatan Pengkadan menampilkan tarian "Zapin Melayu', yaitu menceritakan tentang bujang dara yang saling bertemu dan berkenalan sampai akhirnya menjalani hubungan kasih.

"Tarian ini salah satu tempat dimana bujang dara bisa mendapatkan jodoh," terangnya.

Melalui Festival Budaya ini, Polres Kapuas Hulu mengajak seluruh masyarakat untuk mempertahankan budaya asli Kapuas Hulu.

"Ini upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan budaya-budaya yang ada di Kapuas Hulu," katanya.

Festival ini juga untuk mempertahankan budaya di kecamatan-kecamatan. (sap)