Rabu, 13 November 2019


Camat Bunut Hulu Minta Kades Laksanakan Program Pemberdayaan

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 622
Camat Bunut Hulu Minta Kades Laksanakan Program Pemberdayaan

Camat Bunut Hulu, Asmiardy. (SP/Syapari)

PUTUSSIBAU, SP - Camat Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Asmiardy meminta kepada kepala desa (Kades) agar melaksanakan program-program pemberdayaan, guna mengubah pola fikir masyarakat ke arah yang lebih maju.

Ini dilakukan, untuk membangun desa yang diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya aparatur desa dan masyarakat yang memadai.

"Jika dana yang ada digunakan untuk pembangunan fisik semua orang juga bisa, yang tidak kalah penting program pemberdayaan, sebab dengan cara itu mampu mengubah pola fikir masyarakat," katanya, Minggu (20/5).

Diakuinya, saat ini SDM aparatur desa masih sangat terbatas, untuk itu wajib bagi Kades untuk meningkatkan SDM bawahan yang dipimpinnya, agar mereka mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat serta mampu membangun desa tersebut.

"Dalam penganggaran untuk penggunaan anggaran porsinya sudah jelas antara untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan," terangnya.

Pembangunan SDM melalui pemberdayaan tidaklah mudah, sebab hasilnya tidak langsung tampak, berbeda dengan pembangunan fisik, fasilitas yang dibangun langsung bisa dirasakan dan digunakan oleh masyarakat.

"Pemberdayaan itu seperti interior pada rumah di mana biayanya besar, namun jika terlaksana akan sangat terasa manfaatnya," katanya.

Asmiardy menekankan, pelaksanaan roda pemerintahan di desa harus dimaksimalkan dan tetap mengacu pada aturan yang ada.

"Tujuan dana desa untuk mengentaskan kemiskinan dan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," terangnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus mengedepankan kepentingan masyarakat serta mengawasi dan mengawal kegiatan aparatur desa.

"Dalam upaya meminimalisir masalah yang ada di masyarakat selalu mengedepankan musyawarah desa, pelaksnaaannya melibatkan masyarakat banyak," katanya.

Terkait pelayanan dasar masyarakat juga harus diperhatikan oleh para Kades, sebab hal tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. (sap)