Senin, 23 September 2019


Banjir Kapuas Hulu, Ketinggian Air Capai Semeter

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 558
Banjir Kapuas Hulu, Ketinggian Air Capai Semeter

Banjir di Kapuas Hulu. (ist)

PUTUSSIBAU, SP - Dua hari belakangan sejumlah wilayah di Kabupaten Kapuas Hulu terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata mencapai satu meter, meski demikian bencana ini tak menelan korban jiwa.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, mengatakan pihaknya tetap melakukan patroli-patroli diwilayah-wilayah yang tergenang banjir guna melakukan penyelamatan terhadap barang dan orang.

"Seluruh Bhabinkamtibmas kami kerahkan, tidak hanya itu kami juga bekerja sama dengan TNI, Tagana dan seluruh lapisan masyarakat," terangnya.

 Imam mengatakan untuk ketinggian air di wilayah putussibau masih 30 cm, di Kecamatan Bika, Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Suhaid, Semitau sudah kira kira semeter.

Sementara itu, Warga Kecamatan Bunut Hulu, Stephanus Mulyadi menginformasikan di Desa Riyam piyang Kecamatan Bunut Hulu sekitar 70 persen rumah terendam banjir dengan ketinggian sekitar satu meter.

"Penduduk mengungsi di jalan yang lebih tinggi, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah, ikan arwana yang ada dalam kolam penangkaran masyarakat lepas semua akibat banjir," terangnya.

Diterangkannya, air mulai naik pada Senin 28 Mei 2018, kondisi air sampai saat ini masih terus naik akibat tingginya curah hujan di perhuluan, saat ini beberapa jalur jalan darat lintas selatan yang menghubungkan Pontianak- Kapuas Hulu lumpuh total, akibat terendam banjir.

"Kondisi banjir saat ini merupakan banjir yang terparah, bahkan Bumdes Riam Piyang juga mengalami kerugian akibat banjir dimana pupuk banyak terendam air," terangnya.

Sejauh ini ia menilai BPBD kecolongan sebab dalam peta bencana BPBD menyatakan Desa Riyam Piyang bebas bencana alam.

"Kami minta lemerintah memberikan bantuan dan membantu para korban yang terkena musibah banjir," harapnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan kondisi sampai hari ini Selasa (29/5) air masih terus naik, bahkan saat ini sejumlah jalan di wilayah Putussibau kota sudah tergenang banjir. (sap)