Jumlah Penumpang Bus pada Arus Mudik Lebaran 2018 Dirediksi Menurun

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 825

Jumlah Penumpang Bus pada Arus Mudik Lebaran 2018 Dirediksi Menurun
Bus Perintis jurusan Putussibau-Badau. (Net)
PUTUSSIBAU, SP – Jumlah penumpang yang mengunakan angkutan umum bus pada mudik Lebaran tahun 2018 di Kabupaten Kapuas Hulu diprediksi mengalami penurunan sekitar 50 persen dari tahun sebelumnya.

Dirut PT Perintis, Edi Hartono mengatakan, pihaknya menyediakan armada angkutan umum sebanyak 18 unit, dimana untuk satu armada terdapat sebanyak 22 kursi. Bus tersebut melayani rute Putussibau- Pontianak, Putussibau- Sintang dan Putussibau- Badau.

"Saat ini jumlah penumpang satu bis hanya sekitar belasan orang saja dan hanya berangkat dua kali saja dalam satu hari," jelasnya.

Sedangkan tahun sebelumnya 2017, jumlah penumpang lebih banyak 66 orang, mereka diangkut dengan menggunakan 3 armada bis.

"Penurunan penumpang ini terjadi semenjak beroperasinya armada pesawat di Bandara Pangsuma Putussibau," terangnya.
Dikatakannya, bus beroprasi khusus untuk rute Putussibau- Pontianak sampai tanggal 13 Juni, rute Putussibau-Sintang 14 Juni dan Putussibau-Badau 14 Juni 2018.

"Armada akan beroprasi kembali tanggal 17 Juni 2018," katanya.

Ditambahkanya, untuk harga tiket tidak mengalami kenaikan dimana untuk jurusan Putussibau- Pontianak Rp200 ribu, Putussibau- Sintang Rp140 ribu dan Putussibau- Badau Rp120 ribu.

Edi menambahkan, armada bus tersebut sudah dinyatakan layak jalan oleh Dinas Perhubungan Provinsi dan Kabupaten. Tidak hanya itu, supir yang membawa armada angkutan tersebut juga sudah dinyatakan siap dan layak sebab mereka sudah melalui pengujian baik kesehatan maupun kemampuan mengemudi kendaraan.

"Kondisi jalan saat ini sudah sangat bagus, hanya saja khusus di SPBU Ambawang Pontianak pengisian BBM dibatasi untuk angkutan umum," jelasnya. (sap)