Satgas Pangan Akan Tertibkan Peredaran Barang Pangan IIegal MaIaysia

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 359

Satgas Pangan Akan Tertibkan Peredaran Barang Pangan IIegal MaIaysia
Kondisi pasar pagi di Puttusibau. (SP/Sap)
PUTUSIBAU, SP – Satuan tugas (Satgas) Pangan Kapuas Hulu menegaskan akan segera melakukan penertiban guna menyikapi maraknya peredaran barang-barang ilegal dari Malaysia di toko-toko dan pasar menjelang Perayaan Idul Fitri 2018 di wilayah Bumi Uncak Kapuas .

"Nanti kami akan melaksanakan pemeriksaan ke toko-toko dan pasar. Tim satgas pangan akan melakukan penertiban agar barang pangan ilegal itu tidak beredar di pasaran," kata Waka Polres Kapuas Hulu, Kompol Raden Pratidiningrat, Jumat (8/6).

Ditambahkannya, pihaknya juga akan mengecek kode kedaluwarsa barang yang diperjualbelikan oleh para pedagang untuk memastikan agar masyarakat mengkonsumsi barang makanan yang aman dan higienis.

"Jangan sampai barang sudah kedaluwarsa diperjualbelikan, sebab bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan," katanya.

Dijelaskan Waka Polres, pada dasarnya satgas pangan berfungsi membantu pemerintah dalam mengontrol harga pangan dengan memantau harga barang di pasaran, apakah relatif stabil atau ada kenaikan.

"Bila ada kenaikan maka kita cari apa penyebabnya," jelasnya.

Dia juga menegaskan, satgas pangan akan menindak apabila ada para pelaku pasar yang menimbun bahan pangan, sehingga bahan pangan tersebut mengalami kekurangan bahkan kelangkaan.

"Jadi jangan coba-coba ada yang mengambil kesempatan untuk kepentingan pribadi," tegasnya. (sap)