Peresmian SMP 3 Satu Atap Kecamatan Semitau, Nasir Minta Kesadaran Masyarakat akan Pendidikan dan Kesehatan

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 423

Peresmian SMP 3 Satu Atap Kecamatan Semitau, Nasir Minta Kesadaran Masyarakat akan Pendidikan dan Kesehatan
RESMIKAN - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir saat meresmikan SMP 3 Satu Atap di Desa Kenepai Komplek, Kecamatan Semitau, Sabtu (14/7). Bupati Minta masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi akan pendidikan dan kesehatan. (SP/Syafari)
Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengatakan, dunia pendidikan dan kesehatan sangat penting. Untuk itu, ia meminta masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi akan hal tersebut. Jangan hanya mengharapkan semuanya dari pemerintah.

SP - "Jika hanya mengharapkan APBD saja akan sangat sulit, sebab jumlahnya terbatas, apalagi Kapuas Hulu wilayahnya luas," ujarnya saat meresmikan SMP 3 Satu Atap di Desa Kenapai Komplek Kecamatan Semitau, Sabtu (14/7).

Nasir mengatakan, dengan dibangunnya SMP tersebut, dirasakan sangat membantu pembangunan di Kapuas hulu. Ia juga mengimbau kepada Kades agar menggunakan dana desa seefisien mungkin dan tepat sasaran sesuai dengan harapan dari pemerintah pusat.

"Gunakan dana itu untuk mengatasi pengangguran di desa dengan membentuk Bumdes, dengan demikian perekonomian masyarakat akan meningkat," terangnya.

Nasir juga menambahkan, Pemda Kapuas Hulu mendukung para investor yang ingin berinvestasi di Bumi Uncak Kapuas, asalkan sama-sama menguntungkan.

"Jadi perusahaan untung dan masyarakat di sekitar juga harus untung, sehingga dengan demikian masyarakat sejahtera, keamanan dan ketertiban juga terjaga," harapnya.

Sementara itu, Camat Semitau, Mas Hidayat berharap, ke depan di wilayahnya dapat dibangun sekolah menengah kejuruan (SMK), untuk mengatasi banyaknya pengangguran.

"SMK itu nantinya diharapkan ada jurusan pertanian dan perbengkelan," harapnya. 

Dijelaskannya, Kecamatan Semitau merupakan salah satu wilayah kecamatan yang maju di Kabupaten Kapuas Hulu. Untuk itu, kemajuan perekonomian ini harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang memadai, agar mampu bersaing.

"Masyarakat harus mampu memanfaatkan kesempatan dan peluang yang ada untuk membuka usaha yang bisa mensejahterakan dirinya dan warga lain," pungkasnya. (syafari/pul)