Polisi Diminta Komitmen Berantas Narkoba

Kapuas Hulu

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 561

Polisi Diminta Komitmen Berantas Narkoba
Ilustrasi. (Net)
PUTUSSIBAU, SP - Anggota DPRD Kapuas Hulu, Iman Shabirin meminta aparat kepolisian untuk komitmen dalam memberantas narkoba, mengingat saat ini barang haram tersebut sudah menjadi ancaman nyata yang dapat merusak generasi muda.

"Dimulai dari komitmen polisi terlebih dahulu, yang terpenting sekarang keseriusan dalam penegakkan hukumnya," tegasnya. 

Alumni STAIN Pontianak ini menerangkan, jika ada oknum aparat yang terlibat penyalahgunaan narkoba, diharapkan untuk dipublikasikan, jangan ditutup-tutupi untuk memberikan efek jera.

"Sudah 60 persen pelajar kita, baik tingkatan SMP maupun SMA pernah merasakan narkoba, ngelem, ngebensin dan lain-lain," katanya.

Mantan Aktifis ini mengatakan, saat ini narkoba dan sejenisnya sudah menjadi gaya hidup remaja dan selebritis. Bagi pengedar barang haram ini menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

"Sebenarnya yang bisa memutus gaya hidup dan bisnis ini adalah aparat penegak hukum. Jika sampai aparat justru tergoda, maka akan semakin merajalela," ujarnya

Imam mengimbau kepada masyarakat, agar menyatakan perang terhadap narkoba. Ia juga berharap, Pemda Kapuas Hulu untuk meningkatkan kerjasamanya dalam memberantas narkoba.

Sementara itu, Ketua Sapma PP Kapuas Hulu, Barry Fernando mengimbau, masyarakat Bumi Uncak Kapuas untuk bersama-sama memberantas peredaran narkoba.

"Kita harus memulai itu, utamanya dari diri sendiri dulu," katanya 

Diterangkannya, secara organisasi khususnya melalui Sapma PP Kapuas Hulu, pihaknya berusaha membantu tugas pemerintah, terutama dalam hal ini pihak kepolisian untuk bersama memberantas narkoba.

"Sosialisasi tentang bahaya narkoba harus terus digalakkan. Hal tersebut tidak terlepas dari faktor keluarga dan lingkungan," jelasnya.

Khususnya bagi anak muda yang ada di Bumi Uncak Kapuas, dengan diadakannya kegiatan-kegiatan positif akan bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengekspresikan diri kearah yang positif.

"Kami juga berusaha akan melakukan audiensi dengan Pemda dan DPRD untuk membahas langkah-langkah yang akan dilakukan untuk memberantas penyebaran narkoba," terangnya. 

Salah satunya mendorong dan mempercepat pembentukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kapuas Hulu, mengingat lembaga ini sangat diperlukan.

"Apalagi mengingat wilayah kita yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia," pungkasnya. (sap/pul)