Elemen Pemuda Kapuas Hulu Akan Kibarkan Bendera Raksasa di Jembatan Kapuas

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 367

Elemen Pemuda Kapuas Hulu Akan Kibarkan Bendera Raksasa di Jembatan Kapuas
Seorang pemuda sedang mempersiapkan bendera merah putih berukuran besar. (SP/Sap)
PUTUSSIBAU, SP - Menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Tim Merah Putih Kapuas Hulu berencana akan mengibarkan bendera merah putih raksasa di Jembatan Kapuas pada 17 Agustus 2018 mendatang.

Ketua Tim Merah Putih Kapuas Hulu, Kahar Muzakar mengatakan, bendera merah putih tersebut berukuran 40x89 meter. Kegiatan pengibaran bendera raksasa ini baru pertama kalinya diadakan di Bumi Uncak Kapuas.

"Pelaksanaan kegiatan ini merupakan buah dari ide-ide yang dihasilkan oleh seluruh pemuda Bumi Uncak Kapuas," terangnya, Rabu (15/8).

Adapun pemuda-pemuda tersebut tergabung dalam organisasi dan instansi seperti Pramuka, Tagana, Saka Bhayangkara, FAD Kapuas Hulu, PDD Polnep Kapuas Hulu, IP2SB Kapuas Hulu, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Imigrasi Putussibau, Satpol PP Kapuas Hulu, Kepolisian, dan organisasi pemuda lainnya yang ada di Kapuas Hulu.

"Tujuan dari acara penebaran bendera merah putih ini adalah untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan nasionalisme," jelasnya.

Sesuai dengan temanya yakni "Kerja Kita, Prestasi Bangsa" maka dalam penebaran bendera ini nantiinya akan melibatkan seluruh pemuda dan masyarakat. 

"Sehingga nantinya kegiatan ini akan terlihat meriah. Apalagi ini merupakan acara yang diperingati setahun sekali," katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Kalbar Dapil tujuh (Kapuas Hulu, Sintang, dan Melawi) Kadri, mengapreasiasi ide pelaksanaan kegiatan ini.

"Kegiatan ini sangat positif ini harus didukung oleh semua pihak, baik itu pemda dan seluruh elemen masyarakat," katanya.

Hal ini menunjukkan kepedulian masyarakat Kapuas Hulu terhadap peringatan Kemerdekaan RI. Apalagi mengingat Kapuas Hulu merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. 

"Dengan kegiatan ini kita menunjukkan kepada Malaysia bahwa kita selalu menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Kadri mengatakan, dirinya berencana akan turun ke Kapuas Hulu menyaksikan penebaran bendara berukuran besar tersebut.

"Ini sejarah bagi masyarakat Bumi Uncak Kapuas," terangnya. (sap)