Gelar Muscab, Barry Fernando Pimpin Sapma Pemuda Pancasila Kapuas Hulu

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 522

Gelar Muscab, Barry Fernando Pimpin Sapma Pemuda Pancasila Kapuas Hulu
Pengurus Sapma PP Kapuas Hulu berfoto bersama para tamu undangan di Aula Hotel Merpati Putussibau, Sabtu (25/8). (Ist)
PUTUSSIBAU, SP- Pemda Kapuas Hulu mengapresiasi terlaksananya musyawarah cabang (Muscab) pertama Satuan Siswa dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) Bumi Uncak Kapuas, di Hotel Merpati Putussibau, Sabtu (25/8) kemarin.

Asisten I Setda Pemda Kapuas Hulu, Frans Leonardus, mengatakan, pihaknya berharap setelah organisasi ini terbentuk di Bumi Uncak Kapuas, agar segera didaftarkan di Kesbangpol Pemda Kapuas Hulu.

"Dalam membangun Bumi Uncak Kapuas, Pemda tidak bisa bekerja sendiri, melainkan memerlukan dukungan dari semua pihak termasuk organisasi-organisasi yang ada," terangnya.

Ia juga memotivasi generasi muda, agar terlibat aktif dalam setiap kegiatan-kegiatan organisasi yang bersifat positif dalam upaya untuk mengembangkan diri, sehingga ke depan mampu memegang tongkat estafet kepemimpinan.

"Nasib bangsa, negara dan daerah di masa yang akan datang terletak di tangan generasi muda saat ini," katanya.

Frans menambahkan, untuk itu generasi muda harus dibekali wawasan dan pendidikan yang mempuni, sebab kunci keberhasilan dan kemajuan itu terletak pada SDM manusianya.

Ketua Sapma Kalbar, Dodi Setiawan, meminta agar idiologi Pancasila ditanamkan mulai sejak dini kepada para pelajar yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Pancasila sangat penting ditanamkan kepada generasi muda, apalagi mengingat Bumi Uncak Kapuas merupakan wilayah perbatasan RI- Malaysia," katanya.

Sejuah ini, kata Dodi baru Kabupaten Kapuas Hulu yang melaksanakan Muscab, sementara untuk kabupaten-kebupaten lain masih belum melaksanakan Muscab.

"Kabupaten lain masih tarik ulur dalam melaksanakan Muscab karena belum mendapat restu dari pengurus Pemuda Pancasila (PP) di wilayahnya," terangnya.

Dodi, berharap, Sapma PP Kapuas Hulu, ke depan dapat menjadi wadah bagi seluruh generasi muda Bumi Uncak Kapuas, utamanya dalam menyalurkan ide dan gagasan yang bersifat positif dan membangun.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemilihan ketua Sapma PP Kapuas Hulu periode 2018-2020. Dimana Barry Fernando (Nando), terpilih menjadi Ketua Sapma PP Kapuas Hulu periode 2018-2020 dengan perolehan 37 suara.

Dimana dari hasil perhitungan, dari 70 suara yang diperebutkan, Berry unggul tiga suara dari lawannya Ivan Suryadi. Dimana Ivan hanya memperoleh sebanyak 33 suara. 

Ketua Sapma PP Kapuas Hulu terpilih, Berry Fernando, menyampaikan, program kerja yang akan dilaksanakan dirinya ke depan seperti melakukan kaderisasi yakni membentuk delapan komisariat Sapma PP Kapuas Hulu.

"Delapan komisariat tersebut terdiridari PDD Polnep Kapuas Hulu dan 7 SMA," terang Berry.

Selanjutnya, dirinya akan memperhatikan kesejahteraan anggotanya dengan memberikan lapangan pekerjaan. "Kami juga akan bemitra dengan Pemda dalam menjaga dan memajukan Kapuas Hulu," tutur alumni Fisipol Untan Pontianak ini.

Pria yang akrab disapa Nando ini, menegaskan, kemenangan yang diperoleh tersebut bukan kemenangan pribadinya, melainkan kemenangan bersama. (sap)