Korban Banjir Kapuas Hulu Butuh Bantuan

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 462

Korban Banjir Kapuas Hulu Butuh Bantuan
Putussibau, SP - Hujan lebat yang mengguyur Kapuas Hulu selama beberapa hari terakhir, menyebabkan sejumlah wilayah mulai terendam banjir. Potensi longsor diperkirakan akan terjadi.  

Ketua Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kapuas Hulu, Muhammad Hatta meminta masyarakat waspada. “Berdasarkan laporan teman-teman di lapangan belum ada korban jiwa akibat banjir,” kata Muhammad Hatta, Senin (15/10).  

Menurut Hatta, daerah rawan longsor berada di pinggiran sungai Kapuas. “Langkah yang kami lakukan saat ini melakukan kesiapan tim dan koordinasi dengan pihak terkait,” ujar Hatta.  

Banjir rata-rata menggenangi rumah warga dengan ketinggian satu meter. Ada beberapa wilayah yang terendam banjir hingga dua meter.   “Untuk daerah yang mengalami banjir seperti wilayah Kecamatan Putussibau Selatan, Kecamatan Putussibau Utara, Kecamatan Kalis, dan Kecamatan Embaloh Hilir,” jelasnya.  

Warga Putussibau Selatan, Sukma berharap Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu memberikan bantuan kepada warga korban banjir. Kegiatan masyarakat terhenti akibat banjir.  

“Kalau bisa dibuatkan dapur umum. Kondisi banjir ini rawan menelan korban jiwa. Disamping karena tenggelam, dapat juga karena terserang penyakit,” kata Sukma.  

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu juga diminta meliburkan sekolah. Warga khawatir anak-anak menjadi korban terbawa arus banjir. “Kondisi air diperkirakan akan kembali naik. Informasinya di wilayah hulu sungai Kapuas masih hujan,” kata Sukma. (sap)