Selasa, 15 Oktober 2019


Festival Danau Sentarum, Wisata di Jantung Ekosistem Kalimantan

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 435
Festival Danau Sentarum, Wisata di Jantung Ekosistem Kalimantan

Putussibau, SP – Beragam acara akan digelar selama Festival Danau Sentarum Betung Kerihun 2018. Upaya mendorong wisata berbasis pelestarian lingkungan.  

Beberapa acara dalam Festival Danau Sentarum yang diadakan 25-28 Oktober 2018 antara lain karnaval budaya dan festival minum madu, Sentarum ethnic music festival, serta parade perahu tradisional.  

Agenda tahunan yang diselenggarakan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum ini diperkirakan menarik wisatawan lokal dan Malaysia. Panitia memastikan bahwa persiapan sudah lebih dari 90 persen.  

Polisi memasang rambu-rambu sepanjang jalan menuju pusat acara. Spanduk peringatan agar berhati-hati  karena banyak tikungan tajam, mulai dipasang sejak kemarin.  

Taman Nasional Danau Sentarum memilik luas wilayah 146.807 km persegi dan mempunyai ekosistem yang unik; yaitu basah dan kering tergantung pada musim yang berlangsung.  

Taman nasional ini terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, salah satu kabupaten paling timur Provinsi Kalimantan Barat. Dapat ditempuh sekitar 700-800 kilometer melalui jalan darat dan menyusuri sungai dari Kota Pontianak.  

Taman Nasional Danau Sentarum memiliki beberapa keunikan dan potensi berupa daerah tangkapan air, pemandangan alam, konservasi keanekaragaman hayati dan “kearifan lokal”, serta potensi wisata berbasis alam. (*)