Akses Jalan Membaik, Jumlah Wisatawan Danau Sentarum Meningkat

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 270

Akses Jalan Membaik, Jumlah Wisatawan Danau Sentarum Meningkat
Putussibau, SP - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menyampaikan Festival Danau Sentarum merupakan upaya Pemkab Kapuas Hulu dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.  

Nasir mengatakan, sejak pengembangan ekowisata dilakukan tahun 2005, jumlah kunjungan wisawatan ke Kapuas Hulu terus meningkat. Tahun 2005 jumlah wisatawan lokal 112 orang dalam manca negara 86 orang.  

“Pada 2010 terjadi kenaikan yang signifikan, yaitu 1.261 wisatawan lokal dan 325 wisatawan luar negeri,” kata Bupati Abang Muhammad Nasir saat membuka Festival Danau Sentarumdi Lanjak, Kamis (25/10).  

Tahun 2017 pengunjung ke Kapuas Hulu meningkat menjadi 3.816 orang dan pengunjung luar negeri sebanyak 9.070.  

“Terjadi peningkatan hingga 36,08 persen untuk wisatawan manca negara pada tahun 2016 yang berjumlah 6.665 orang, meski terjadi penurunan 14 persen untuk wisatawan nusantara yang pada tahun 2016 jumlahnya 4.436 orang,” tuturnya.  

Para pengunjung datang ke Danu Sentarum kata Bupati, memiliki kepentingan berbeda. Ada yang wisata murni, wisata penelitian, dan kunjungan kerja baik pemerintah maupun NGO, serta kunjungan bisnis.  

Lokasi kunjungan mereka lebih banyak di luar Kota Putussibau. Beberapa tercatat mengunjungi situs-situs budaya di wilayah Kapuas Hulu.   “Mereka mengunjung desa di sekitar Taman Nasional Betung Kerihun maupun Taman Nasional Danau Sentarum. Tingkat kunjungan ini sangat dipengaruhi aksesebilitas jalan yang semakin bagus,” tuturnya.  

Saat ini akses menuju Kapuas Hulu sudah tidak sulit, dapat ditempuh melalui jalur sungai, darat, dan udara. “Penerbangan kita 2 kali sehari. Jalan darat relatif baik. Selain itu, pintu lintas batas negara Badau juga sudah dibuka,” kata Abang Muhammad Nasir. (humas/sap).