Rabu, 18 September 2019


Kapolda Kalbar Perintahkan Perketat Pengamanan Perbatasan

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 597
Kapolda Kalbar Perintahkan Perketat Pengamanan Perbatasan

Putussibau, SP - Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono menginstruksikan kepada jajaran Polres Kapuas Hulu memperketat pengamanan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia untuk mencegah masuknya narkotika.  

Menurut Irjen Pol Didi Haryono, sejumlah kasus peredaran narkotika di Pontianak masuk melalui perbatasan. Begitu juga peredaran barang ilegal lainnya yang berhasil diungkap Polda Kalbar.   

“Barang itu diduga masuk melalui jalur tikus atau jalan hutan menuju kecamatan di wilayah perbatasan, dengan tujuan kota kabupaten dan menuju Kota Pontianak,” katanya saat memberikan arahan di Mapolres Kapuas Hulu, Kamis (25/10).  

Kapolda mengatakan, banyak capaian sudah dilakukan polisi dalam mengungkap kejahatan konvensional yang berdampak langsung terhadap keamananan dan ketertiban terutama kasus pencurian, pencurian dengan kekerasan, pencurian kendaraan bermotor dan narkotika.   

“Melalui setiap tahapan program 100 hari kerja Polda Kalbar, hal tersebut kita wujudkan bersama dengan semboyan Polda Kalbar Berkibar (Berkerja dengan Benar) dengan komitmen zero ilegal dan zero tolerance,” ujar Kapolda Irjen Pol Didi Haryono.  

Irjen Pol Drs Didi Haryono mengungkapkan, kepercayaan publik saat ini semakin meningkat terhadap polisi. Dia berharap kepercayaan itu dijaga dan ditingkatkan.   

“Kapolri telah mencanangkan Program Promoter (Profesional, Modern, Terpercaya) ini harus kita laksanakan dengan kemauan dan kemampuan. Masyarakat di dunia maya harus kita jaga dan kita pantau. Pemberitaan hoax harus segera diluruskan, menghadapi perilaku yang hanya suka memberitakan kejelekan, kita harus sabar dan luruskan dengan informasi yang benar.”  

Terkait pembinaan sumber daya personel,  Irjen Pol Drs Didi Haryono menekankan Biro SDM Polda untuk meningkatkan kemampuan kompetensi anggota.   “Legalitas dan Legitimasi sangat diperlukan, agar totalitas kinerja tidak terganggu,"tuturnya. (sap)