KPU Kapuas Hulu Sempurnakan DPT Hasil Perbaikan ?

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 190

KPU Kapuas Hulu Sempurnakan DPT Hasil Perbaikan   ?
Putussibau, SP - Penetapan Penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2, tingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan pada 10-11 November 2018 mendatang.  

Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani, menyampaikan,pada tanggal 1-8 Oktober 2018 lalu pihaknya menghimpun data dan menyusun. Selanjutnya, PPS akan mengadakan Pleno Rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan 2 pada 3 November 2018.   “Kegiatan tersebut dilaksanakan secara berjenjang sampai ke Provinsi dan KPU RI," katanya Selasa (30/10).  

Dijelaskan Ahmad Yani, DPTHP 2 tersebut merupakan tindak lanjut rekomendasi Bawaslu yang meminta dilakukan penyempurnaan perbaikan data pemilih karena dianggap belum akurat.  

“Belum akurat yang dimaksudkan seperti adanya pemilih ganda dan pemilih yang sudah meninggal dunia,” jelasnya.  

Terkait hal itu KPU juga berkoordinasi dengan beberapa pihak seperti Bawaslu, partai politik dan Dinas Kependudukan Kapuas Hulu. “Untuk mendapatkan data pemilih yang akurat kami juga sudah membuka posko GMHP mulai dari tangggal 1 sampai 28 Oktober lalu,” kata Ahmad Yani.  

Pada 31 Oktober 2018 akan dilaksanakan Rakor bersama BPK terkait posko GMHP, untuk melihat sejauh mana progresnya. “Mulai dari pemilih yang belum masuk DPT, pemiilih status TMS, meninggal dunia, pindah domisili, alih status dari sipil ke TNI Polri, pemilih ganda dan pemilih tidak dikenal, termasuk perbaikan elemen data.”  

Data tersebut nantinya akan dihimpun selanjutnya direkap untuk melihat berapa banyak potensi pemilih yang belum masuk dalam DPT. “Jika potensinya besar untuk seluruh kecamatan, kemungkinan akan ada penambahan TPS. (sap)