Rabu, 20 November 2019


DPRD Desak Eksekutif Minta Bantuan Anggaran ke Pusat

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 263
DPRD Desak Eksekutif Minta Bantuan Anggaran ke Pusat

Putussibau, SP - DPRD Kapuas Hulu mendesak Pemerintah Kabupaten mengajukan bantuan anggaran pembangunan ke pemerintah pusat. Kapuas Hulu setiap tahun mengalami kekurangan anggaran pembangunan yang bersumber dari APBD.  

Anggota DPRD Kapuas Hulu, Fabianus Kasim menyampaikan pemkab dan DPRD harus bersinergi mengusulkan pembangunan ke pemerintah pusat.  

“DPRD bisa saja menyuarakan pembangunan ke pusat, namun bila tidak didukung data yang valid dari eksekutif semua itu tidak akan mungkin bisa berjalan,” kata Fabianus Kasim, Rabu (28/11).  

Menurut Kasim, komisi-komisi DPRD dapat mengadakan kerja sama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk beraudiensi dan koordinasi ke pemerintah pusat untuk mempersentasikan rencana pembangunan.  

Kasim mengatakan, dana silpa (dana yang tidak terserap) di kementrian mencapai 20-30 persen. “Mereka tidak bisa menggelontorkan dana ke daerah karena usulan yang tidak valid. Dana itu harus kita jemput bersama,” tegasnya.  

Ketua DPRD Kapuas Hulu, Rajuliansyah berharap APBD yang telah dianggarkan agar dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai peruntukan. “Penyerapan anggaran harus lebih optimal, agar tidak terjadi silpa. Sehingga tujuan dari pembangunan yakni mensejahterakan masyarakat tercapai,” ujar Rajuliansyah.  

Khusus untuk APBD 2019, fokus pembangunan Kapuas Hulu pada sektor pariwisata, pertanian dan perikanan. Pembangunan sektor tersebut sesuai kebutuhan masyarakat di Bumi Uncak Kapuas. (sap).