Cegah Wabah Flu Burung, Bea Cukai Badau Musnahkan Telur Selundupan dari Malaysia

Kapuas Hulu

Editor Mul Dibaca : 126

Cegah Wabah Flu Burung, Bea Cukai Badau Musnahkan Telur Selundupan dari Malaysia
DIMUSNAHKAN - Petugas dari lintas sektor memusnahkan telur ilegal dari Malaysia.
PUTUSSIBAU, SP - Kantor Bea Cukai Badau memusnahkan telur ilegal yang diseludupkan dari Malaysia, kemarin. Upaya dilakukan, lantaran sampai saat ini notifikasi wabah flu burung di Negeri Jiran belum dicabut.

Kepala Bea Cukai Badau, I Putu Atit, menyampaikan, pemusnahan telur yang dimasukkan melalui jalur tikus tersebut, merupakan bukti sinergi positif antara Satgas Pamtas, Bea Cukai, Karantina, maupun aparat lainnya.

"Berawal dari patroli rutin Satgas Pamtas yang menemukan upaya penyelundupan telur ke dalam wilayah NKRI," jelasnya, Kamis (20/12).

Selanjutnya, ditindaklanjuti dengan koordinasi dengan Bea Cukai Badau untuk penanganan kasusnya, lalu karena barang yang coba diseludupkan merupakan komoditas wajib karantina, maka diserahkan kepada Karantina Pertanian Wilker Badau untuk dilakukan tindakan karantina. 

"Mengingat saat ini notifikasi wabah flu burung di Malaysia belum dicabut, maka diambil tindakan pemusnahan untuk mengamankan wilayah NKRI dari wabah tersebut," terangnya.

Sementara itu, Pejabat Fungsional Medik Veteriner Karantina Entikong, Riko Rukardi menyampaikan, tujuan dari pemusnahan untuk mencegah penyakit menular dari binatang.

"Telur yang kita musnahkan itu, merupakan sitaan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 320/Badak Putih, dan Stasiun Karantina Pertanian Entikong di Kecamatan Badau," jelasnya. (sap)