Musim Liburan, Taman Nasional Danau Sentarum Siapkan Wahana Wisata Baru

Kapuas Hulu

Editor Mul Dibaca : 451

Musim Liburan, Taman Nasional Danau Sentarum Siapkan Wahana Wisata Baru
Taman Nasional Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu
PUTUSSIBAU, SP - Wahana Wisata Baru Taman Nasional Danau Sentarum menyita perhatian pengunjung pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) Kapuas Hulu, Arief Mahmud menyampaikan, menyambut musim liburan Natal dan Tahun Baru 2019, pihaknya telah melakukan terobosan, agar para wisatawan merasa semakin nyaman dalam berliburan di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.

"Berbagai fasilitas wisata dibangun untuk meningkatkan jumlah kunjungan dalam kawasan konservasi ini," terangnya.

Salah satu wahana yang menarik perhatian pengunjung adalah Sarpras, wisata yang ada di Pulau Sepandan dan Bukit Tekenang. 

"Pembangunan fasilitas wisata di Pulau Sepandan, seperti trail wisata sepanjang 500 meter, 3 unit shelter, 4 unit selfie spot, dermaga dan guest house," paparnya, Kamis (27/12). 

Sedangkan untuk lokasi wisata di Bukit Tekenang juga telah dibangun dermaga, dan berbagai fasilitas umum lainnya, seperti toilet dan renovasi guest house.

Sejalan dengan visi pengelolaan kawasan TN Danau Sentarum untuk mewujudkan konservasi keanekaragaman hayati di Ramsar Site dan destinasi wisata unggulan di Jantung Borneo (HoB), maka Balai Besar TNBKDS terus berbenah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas fasilitas wisata. 

"Sejak dibukanya fasilitas wisata di lokasi Pulau Sepandan dan Bukit Tekenang, maka telah terjadi peningkatan jumlah kunjungan ke dalam kawasan TN Danau Sentarum," terangnya.

Dijelaskan oleh Arief, intensitas kunjungan ini akan semakin meningkat, biasanya terjadi pada pergantian tahun. Untuk itu, disiapkannya berbagai fasilitas wisata ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari ODTWA yang ada di kawasan konservasi ini.

"Sehingga wisatawan akan merasa puas. Ini bisa memacu untuk menjadi kawasan wisata unggulan di Kabupaten Kapuas Hulu," tuturnya. 

Senada dengan Arief, Kepala Resort Tekenang, Lulu Sutrisno juga mengakui adanya peningkatan kunjungan wisatawan dalam beberapa hari terakhir ini. 

Ditegaskan oleh Lulu, sejak masuk musim liburan Natal, terjadi peningkatan jumlah kunjungan di kawasan ini, walaupun belum membeludak, tapi trennya semakin meningkat dari hari ke hari. 

"Biasanya peningkatan yang paling signifikan terjadi pada tanggal 31 Desember 2018 – 1 Januari 2019. Di mana jumlah pengunjung bisa mencapai ribuan orang," katanya. 

Untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan dan menjaga fasilitas yang ada, maka Balai Besar TNBKDS telah membentuk tim yang bertugas selama musim liburan ini. 

Kepala Resort Sepandan, Alexander Melat menyatakan bahwa setiap hari ditugaskan 7-8 personel yang berjaga dan melayani pengunjung yang akan masuk ke lokasi wisata di Pulau Sepandan. 

“Untuk mengatasi keterbatasan SDM yang ada di resort, maka kami juga melibatkan teman-teman dari Saka Wanabakti untuk membantu petugas resort dalam melayani pengunjung di lokasi wisata, termasuk juga keterlibatan kelompok pemuda yang ada di sekitar kawasan TN Danau Sentarum," paparnya.

Berdasarkan data dari Balai Besar TNBKDS bahwa sejak tahun 2016 sampai dengan 2018 telah terjadi peningkatan jumlah kunjungan ke kawasan TN Danau Sentarum.

Di mana untuk tahun 2016 terdapat 1890 pengunjung, tahun 2017 terdapat 2925 pengunjung, dan tahun 2018 sampai dengan akhir bulan November terdapat 5701 pengunjung. 

"Positifnya tren kunjungan wisata dari tahun ke tahun ini menjadi peluang potensial bagi Balai Besar TNBKDS untuk meningkatkan PNBP dari sektor wisata. Selain itu juga sebagai stimulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui keterlibatan dalam pengelolaan wisata alam berbasis kawasan konservasi," paparnya. (sap/bob)