Begini Cara Waka Polres Kapuas Hulu, Lestarikan Budaya

Kapuas Hulu

Editor Mul Dibaca : 205

Begini Cara Waka Polres Kapuas Hulu, Lestarikan Budaya
ACARA ADAT - Waka Polres Kapuas Hulu, Kompol Alber Manurung mengikuti prosesi adat gawai, Sabtu (29/12).
PUTUSSIBAU, SP - Waka Polres Kapuas Hulu, Kompol Alber Manurung mengikuti prosesi adat gawai Asodari ke 75 Soo Langke Melapi Patamuan, di Desa Melapi Kecamatan Putussibau Selatan, Sabtu (29/12).

Waka Polres Kapuas Hulu, Kompol Alber Manurung menyampaikan, bahwa prosesi Adat Mamandung ini, merupakan bagian dan rangkaian dari Gawai Asodari tersebut.

"Tujuan dari gawai itu sebagai pelestarian adat budaya dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa," katanya, Minggu (30/12). 

Dalam kesempatan itu, dirinya mengaku takjub, sebab Rumah Betang Malapi Patamuan sampai saat ini masih berdiri serta di tempati oleh warga masyarakat asli Taman Malapi.

Rumah Adat Betang ( Soo Langke ) Malapi Patamuan, didirikan pada tahun 1943 lalu, dimana dalam bangunan merupakan cagar budaya yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Kapuas Hulu tentang Cagar Budaya Kabupaten Kapuas Hulu dan Surat Keputusan Kepala Balai Pelestarian Benda Cagar Budaya Kalimantan Barat tentang Juru Pelihara Pelestarian Cagar Budaya yang dilindungi dan dilestarikan.

Sementara itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero dalam kesempatan itu, menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi berita hoaks yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan.

"Mengingat negara kita saat ini sedang melaksanaan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres yang akan digelar pada April 2019 mendatang," ajaknya. (sap)