Desa di Kawasan Danau Sentarum Peroleh Bantuan dari Kementerian LHK

Kapuas Hulu

Editor Mul Dibaca : 247

Desa di Kawasan Danau Sentarum Peroleh Bantuan dari Kementerian LHK
BANTUAN - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan bantuan kepada desa- desa yang berada di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS).
PUTUSSIBAU, SP - Dalam upaya menunjang aktivitas masyarakat dan pengelolaan Danau Sentarum, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan bantuan kepada desa- desa yang berada di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS).

Bantuan tersebut, diberikan Kementerian LHK melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Kapuas. 

Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengucapkan, terimakasih kepada BPDASHL Kapuas dan Balai Besar Taman Nasional Sentarum yang telah berupaya dalam menjaga kelestarian dan mengelola danau.

"Bantuan ini merupakan proyek percobaan dalam pengelolaan Danau Zentarum," terangnya.

Bantuan ini, juga sejalan dengan rencana pengelolaan Danau Sentarum sebagai daerah tangkapan air. Bantuan yang di berikan tersebut berupa alat pencacah sampah organik dua unit, alat pencacah anorganik satu unit, alat pembuat pupuk padat dua unit, alat pembuat pelet ikan satu unit dan long boat dua unit.

Sementara itu, Kepala BPDASHL Kapuas, Arief Setyo Utomo menerangkan, bantuan penyediaan alat penunjang pengelolaan danau tersebut, diberikan dengan tujuan untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan Danau Sentarum.

"Permasalahan tersebut seperti gulma, sampah organik maupun anorganik serta melatih masyarakat untuk lebih mandiri dalam mengelola lingkungannya danau sentarum," paparnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Danau Sentarum merupakan salah satu danau yang diprioritaskan pengelolaannya di Indonesia.

"Bantuan tersebut merupakan awal dari pelaksanaan rencana pengelolaan Danau Sentarum," terangnya.

Arief menjelaskan, bantuan penunjang pengelolaan Danau Sentarum diserahkan kepada masyarakat di Desa Vega, Desa Leboyan, Desa Sekulat dan Desa Pulau Majang yang berada di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.

Ke depan diharapkan, upaya ini dapat memberikan dampak positif untuk menunjang pengelolaan Danau Sentarum yang berkelanjutan. 

"Untuk longboat dapat berfungsi untuk kegiatan pariwisata ataupun untuk patroli pengamanan dan patroli siaga kebakaran hutan serta lahan," tuturnya. (sap)