Rabu, 13 November 2019


Tim Gabungan Terus Mencari Korban Kapal Karam di Sungai Kapuas

Editor:

Admin

    |     Pembaca: 230
Tim Gabungan Terus Mencari Korban Kapal Karam di Sungai Kapuas

Ilustrasi

PUTUSSIBAU, SP - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengatakan, pemerintah daerah telah melakukan pelbagai upaya pencarian penumpang kapal karam yang masih hilang di Sungai Kapuas, Semitau.

Menurur dia, langkah tersebut yakni  berkoordinasi dan membentuk Tim Gabungan, dengan melibatkan pihak terkait seperti Basarnas Kalbar, Tagana, TNI, Polri, Pramuka dan masyarakat setempat.

"Jumlah mereka ratusan orang, mereka terus melakukan pencarian dan evakuasi," kata Nasir, Senin, (21/1).

Untuk korban yang hilang, sejauh ini belum ada perkembangan. 

"Namun kami tetap melakukan komunikasi dengan Tim Gabungan yang ada di lapangan," ucapnya.

Bupati berharap, kejadian tersebut tidak terulang kembali di Bumi Uncak Kapuas, untuk itu, ia mengimbau agar semua pihak tetap mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

"Dulunya di Semitau sudah ada wacana untuk pembentukkan jembatan, Namun masih belum terlaksana, terkait wacana itu akan kita pertimbangkan kembali," ucapnya.

Diterangkannya, jika bangun jembatan di Semitau, maka secara otomatis akan mengurangi risiko kecelakaan air yang dapat menimbulkan korban jiwa.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kalbar, Marantika, menyampaikan, Basarnas Kalbar menurunkan dua tim, dari dua tim itu terdiri dari 15 orang dengan peralatan selam dan evakuasi.

"Pencarian dilakukan di tiga titik lokasi pencarian, dengan metode pencarian di atas permukaan," terangnya. (sap)