DPRD Minta Pemda Kapuas Hulu Benahi Retribusi Transportasi Air

Kapuas Hulu

Editor Admin Dibaca : 181

DPRD Minta Pemda Kapuas Hulu Benahi Retribusi Transportasi Air
Iman Sabirin
PUTUSSIBAU, SP - Anggota DPRD Kapuas Hulu, Iman Shabirin menyampaikan, pemerintah daerah (Pemda) harus melakukan pembenahan, pengawasan dan retribusi serta pajak transportasi motor air.

"Hal tersebut dalam upaya untuk menertibkan kendaraan motor air, untuk meminimalisir terjadinya hal hal yang tidak diinginkan," katanya Kamis (24/1).

Apalagi di Kapuas Hulu saat ini masih mengandalkan kendaraan motor air sebagai mode transportasi khususnya bagi masyarakat pesisir sungai dan danau.

"Selain itu soal lalu lintas pintas (model pembersihan pintas) dan penanda arah/rambu-rambu pintas, tikungan harus menjadi perhatian serius," terangnya.

Hal tersebut bisa ditangani melalui skema APBDes, namun selama ini menurut penilaiannya hal tersebut belum terlaksana.

"Belum ada koordinasi antara desa dengan Dinas Perhubungan khususnya Bidang Perhubungan Sungai," tuturnya.

Dalam pemantauannya, saat ini ada desa yang layak di contoh di Kapuas Hulu karena telah berhasil membenahi pintas jongkong-piasak yang melewati Danau Kandung Suli.

"Desa itu adalah Desa Piasak Hulu, di mana di bawah kepempinan Kades Sukirman dia memanfaatkan dana desa untuk mengeruk pintas agar lebih dalam dan lebar," jelasnya.

Tidak hanya itu, pohon pohon yang menghalangi dalam berkendara dan pandangan mata juga dibersihkan bersama masyarakat setempat.

"Pintas ini menyangkut masalah kepentingan umum, untuk itu, hal ini menjadi hal yang penting," katanya.

Saat ini masih banyak penanda lalu lintas air di setiap pintas, danau, persimpangan sungai yang tidak terurus dan rusak. (sap)