Potensi Kratom di Kapuas Hulu, Ketua DPRD Tanam 3 Ribu Batang

Kapuas Hulu

Editor Admin Dibaca : 865

Potensi Kratom di Kapuas Hulu, Ketua DPRD Tanam 3 Ribu Batang
Kratom
PUTUSSIBAU, SP - Melihat prospek kratom berpotensi mampu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, Rajuliansyah, Ketua DPRD Kapuas Hulu telah menanam 3000 batang pohon kratom di kebun miliknya.

Rajuli menyampaikan, saat ini kondisi perekonomian di Bumi Uncak Kapuas masih terbilang terpuruk, akibat dari krisis global yang melanda Indonesia.

"Komoditas unggulan masyarakat seperti karet saat ini harganya sudah jauh turun, sehingga tidak bisa lagi diandalkan," terangnya.

Saat ini sekitar 80 persen masyarakat Bumi Uncak Kapuas berpropesi sebagai petani kratom. Kratom menjadi solusi bagi masyarakat dalam menghadapi kondisi ekonomi yang sulit saat ini.

"Namun di sisi yang lain kratom belum memiliki legalitas yang jelas, di mana BPOM belum mengeluarkan hasil uji leb secara resmi terkait kandungan kratom apakah mengandung zat berbahaya atau tidak," tuturnya.

Sementara di sisi yang lain, DPRD Kapuas Hulu, ingin memberikan kepastian hukum terhadap para petani agar mereka merasa aman dan nyaman berusaha bilaman telah dibuatkan Perda.

"Terkait masalah pembuatan Perda ini sudah kami konsultasikan juga ke Pusat," tuturnya.

Legislator PPP ini berharap, agar ke depan kratom bisa dijadikan produk unggulan Kapuas Hulu dan mampu menyumbang PAD.

"Kratom Kapuas Hulu terkenal karena kualitasnya yang bagus bila dibandingkan daerah lain," ucapnya.

Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir menyampaikan, terkait legalitas kratom pihaknya tidak keberatan untuk membuat Perdanya asalkan kandungan barang tersebut tidak mengandung zat-zat berbahya yang bertentangan dengan hukum.

"Waktu itu Ketua Asosiasi Kratom Kalbar sudah ketemu saya, saya minta ke mereka agar dilakukan uji leb ke BPOM, namun sampai saat ini mereka belum menyampaikan hasil uji leb yang diminta," tuturnya singkat. (sap)