Selasa, 24 September 2019


Nasir Ingin Partisipasi Pemilih 90 Persen

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 124
Nasir Ingin Partisipasi Pemilih 90 Persen

RAMAI – Konser Semarak Pemilu Serentak KPU Melawi di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan, Sabtu (23/4) malam, ramai didatangi masyarakat.

?KAPUAS HULU, SP – Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir berharap partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 ini mampu mencapai 90 persen. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri menargetkan angka 77,5 persen untuk partisipasi pemilih Pemilu 2019.

"Kesadaran masyarakat kita tentang pentingnya menggunakan hak suara sudah semakin meningkat saat ini,” katanya, Minggu (24/3).

Nasir mengimbau masyarakat menggunakan hak pilih sesuai dengan hati nuraninya. Selain itu, semua pihak diharap bersinergi untuk menyukseskan Pemilu yang aman, damai dan kondusif.

"Persatuan dan kesatuan harus selalu ditingkatkan, jangan mudah terprovokasi oleh informasi hoaks yang bertujuan untuk memecah belah kerukunan yang telah terjalin selama ini," tuturnya.

Sementara PJ Sekda Kapuas Hulu, Sarbani, menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjaga netralitas dalam Pemilu 2019. 

“Sesuai aturan kita harus netral dalam Pemilu 2019 ini, jika ada yang melakukan pelanggaran maka akan dikenakan sanksi sesuai tingkatan kesalahannya," tegasnya.

Jika ada ASN yang tidak netral atau berpihak untuk memenangkan calon tertentu, maka Bawaslu akan menyampaikan laporan ke Pemda.

"Temuan tersebut nantinya akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku," sampainya.

Komisioner Bawaslu Kapuas Hulu, Haidir menyampaikan pengawasan Pemilu terus dilakukan sampai ke tingkat dusun dan RT. Sehingga apabila ada pelanggaran, maka akan segera ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Selama ini langkah-langkah pencegahan melalui sosialisasi dan sebagainya sudah sering kami lakukan,” katanya.

Hasil pemetaan pihaknya, ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu daerah berpotensi rawan dalam Pemilu. Seperti jaraknya yang jauh, dan tidak ada akses sinyal telekomunikasi. Di antaranya di Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan dan Hulu Gurung.

"Untuk daerah yang kami petakan rawan H-3 pencoblosan akan dilaksanakan patroli sampai ke tingkat dusun,"sampainya. (sap/bls)
 
Sosialisasi lewat Konser

DI Melawi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Setempat menggelar Konser Semarak Pemilu Serentak 2019 di Stadion Raden Temenggung Setia Pahlawan, Sabtu (23/4) malam. Konser yang menghadirkan Rino KDI serta sejumlah artis lokal ini, dipadati lebih dari seribu warga.

Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo mengatakan kegiatan ini salah satu ajang sosialisasi KPU terkait tahapan Pemilu serentak. Pasalnya, Pemilu 2019 merupakan Pemilu yang berbeda dibandingkan lima tahun sebelumnya. Selain memilih wakil rakyat di tingkat DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, masyarakat juga akan memilih presiden dan wakil presiden.

KPU menargetkan partisipasi pemilih meningkat lebih baik dibandingkan Pemilu legislatif sebelumnya. Berbagai kegiatan untuk menyemarakkan dan menarik perhatian pemilih dilakukan. Seperti konser malam itu.

“Masyarakat Melawi kita harapkan menggunakan hak pilihnya, jangan golput. Datang ke TPS pada 17 April mendatang. Bila belum terdaftar, tetap bisa menggunakan hak pilih dengan membawa KTP Elektronik,” pesannya. (eko/bls)