Selasa, 17 September 2019


okoh Agama Apresiasi Penyelenggaraan Pemilu

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 87
okoh Agama Apresiasi Penyelenggaraan Pemilu

MENUNJUKKAN - Potret saat Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, memberikan hak pilihnya pada pesta demokrasi 17 April lalu. Kala itu, Edi berharap agar penyelenggaraan pemilu di Kota Pontianak berjalan lancar.

PUTUSSIBAU,SP - Sejumlah tokoh agama Kapuas Hulu mengapresiasi pelaksanaan pemilu yang  berlangsung transparan, jujur, dan demokratis.

Tahapan pleno tingkat kabupaten Kapuas Hulu yang berlangsung di gedung DPRD Kapuas hulu sudah selesai. Penyelenggaraan tahapan pemilu di Kapuas hulu  tergolong sukses, aman, dan damai.

Untuk itu, sejumlah tokoh agama di Kapuas Hulu, seperti Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Zainuddin dan Pastor Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda, Kontradus Hancu, mengapresiasi para penyelenggara pemilu dan aparat pengamanan yang turut menyukseskan terselenggaranya pemilu tahun ini.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Zainuddin mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara seperti KPU, Bawaslu serta pihak keamanan yang telah mengawal setiap proses tahapan pemilu.

Diharapkan, rekapitulasi pleno tingkat kabupaten Kapuas Hulu dapat berjalan sangat transparan, adil, lancar, dan demokrasi.
“Meski sebelumnya ada beberapa kendala, namun proses pemilu dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan mekanisme yang berlaku," terangnya.

Ia melanjutkan, dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak dan kepada masyarakat yang sabar menunggu hasil keputusan dari KPU pada 22 Mei mendatang.

"Setelah PPK menyelesaikan rekapitulasi tingkat kecamatan, kemudian dilanjutkan dengan  melakukan rekapitulasi pleno tingkat kabupaten dan dilanjutkan nanti sampai ke tingkat provinsi dan pusat," tuturnya.

Dijelaskannya, meskipun dalam pelaksanaan pemilu kali ini ada beberapa kendala di beberapa kecamatan  seperti di Desa Semerantau, Kecamatan Kalis  yang melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Desa Nanga Awin, Kecamatam Putussibau Utara yang melakukan pemungutan Suara Lanjutan (PSL), akan tetapi dapat diselesaikan dengan baik. (sap/lha)

Berharap Situasi Damai Dipertahankan

Pastor paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda, Kontradus Hancu, mengungkapkan bahwa ia mengapresiasi kinerja seluruh elemen penyelenggara pemilu khususnya di Kapuas Hulu. Ia berharap kedamaian pesta demokrasi di Kapuas Hulu bisa dipertahankan.

“Proses pleno berjalan dengan transparan dan dilakukan secara demokratis. Saya berharap juga hal ini bertahan sampai pleno tingkat provinsi nantinya,” ujarnya

Menurutnya, memang, jika dibandingkan dengan daerah lain di Kalimantan Barat, penyelenggaraan pemilu di Kapuas Hulu  mempunyai tantangan tersendiri dari segi medan yang dihadapi menuju ke TPS. Namun, tantangan tersebut mampu ditaklukkan oleh para penyelenggara pemilu. (sap/lha)