Pemda Berencana Salurkan Gas Subsidi Lewat BUMDes

Kapuas Hulu

Editor elgiants Dibaca : 92

Pemda Berencana Salurkan Gas Subsidi Lewat BUMDes
Ilustrasi kelangkaan gas subsidi
Keterbatasan ketersedian gas elpiji tiga kilogram menjadi permasalahan serius yang dihadapi masyarakat Bumi Uncak Kapuas selama ini. Untuk itu, ke depan, Pemda Kapuas Hulu berencana menyalurkan gas elpiji melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Bupati Kapuas Hulu, A.M. Nasir menyampaikan, jika penyaluran gas subsidi dilakukan oleh BUMDes diharapkan akan tepat sasaran. Karena, desa lebih mengetahui mana warganya yang berhak menerima bantuan tersebut.

"Bisa nanti berupa pemberian kartu khusus kepada warganya yang tidak mampu," tuturnya.

Diterangkannya, permasalahan kurangnya ketersediaan gas elpiji bersubsidi ini tidak hanya terjadi di Kapuas Hulu tetapi juga terjadi di wilayah lain.

"Selama ini, kita selalu  melaporkan ke Pertamina bila terjadi kelangkaan dan kekurangan gas," terangnya.

Ia melanjutkan, permasalahan tersebut selalu dibahas dalam rapat. Jika kurang kuota, pihaknya mengusulkan penambahan kuota dan bahkan menanyakan langsung ke Pertamina.

"Kita harus membuat langkah khusus untuk mengatasi masalah gas ini, tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar," ucapnya.

Menurut nasir, selama ini penggunaan gas elpiji masih belum sesuai, di mana gas tersebut justru dipakai para pengusaha seperti rumah makan.

"Dengan disalurkan melalui BUMDes desa mendapatkan keuntungan, selain itu masyarakat terbantu," jelasnya. (sapari/lha)