Tim Gabungan Cek Toko dan Mini Market di Putussibau

Kapuas Hulu

Editor elgiants Dibaca : 60

Tim Gabungan Cek Toko dan Mini Market di Putussibau
MENGECEK - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu turun langsung untuk mengecek sejumlah toko dan mini market di wilayah Putussibau, Senin (20/5).
PUTUSSIBAU,  SP- Dalam upaya memastikan ketersedian barang kebutuhan pokok layak konsumsi di pasaran, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu turun langsung untuk mengecek sejumlah toko dan mini market di wilayah Putussibau, Senin (20/5).

Pengecekan tersebut dilakukan di mini market yang ada di Kecamatan Putussibau Selatan dan Putussibau Utara.  Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu bersama sejumlah instansi terkait lainnya. 

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chaerul Saleh menyampaikan,  melalui pemantauan ini dapat dilakukan pencatatan terkait barang yang beredar apakah terdapat yang kedaluwarsa. Selanjutnya, jika ditemukan maka akan dilaporkan ke Disperindag Kalbar. 

"Termasuk juga harganya kita lakukan pengecekan. Jadi tugas tim kabupaten yang melakukan pemantauan itu hanya melakukan pencatatan saja," jelasnya. 

Ia berharap pedagang tidak menjual barang-barang tidak layak konsumsi, sehingga masyarakat bisa mendapatkan makanan yang layak konsumsi. 

"Tim gabungan memantau barang kebutuhan pokok itu dibagi ke dalam lima kelompok. Dengan wilayah jangkauan, Putussibau Utara dan Putussibau Selatan," sebutnya. 

Dijelaskannya, tim gabungan tersebut terdiri dari beberapa instansi. Selain Koperasi UKM dan Perdagangan, ada dari Dinas Pertanian, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, kemudian Bulog Putussibau, Kabag Perekonomian Setda Kapuas Hulu, dan kepolisian selaku Satgas Pangan.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu, Iptu Siko menerangkan, pihaknya terus melakukan monitor terhadap perkembangan harga barang kebutuhan pokok khususnya di bulan suci Ramadan ini. 

"Walaupun sempat ada lonjakan harga, namun sudah teratasi dengan baik," ucapnya. 

Ia melanjutkan, hal itu berkat karena adanya kerja sama yang baik lintas sektor. Untuk itu, ke depan, diharapkan lintas instansi dapat saling bersinergi dalam menjaga kestabilan harga.

"Monitoring akan terus dilakukan sampai Lebaran nanti," tuturnya. (sapari/lha)