Bina Marga Bangun Jalan Jelang Idulfitri

Kapuas Hulu

Editor elgiants Dibaca : 51

Bina Marga Bangun Jalan Jelang Idulfitri
Kabid Bina Marga pada Dinas PU, Bina Marga, dan SDA Kapuas Hulu, Dedi
PUTUSSIBAU,SP - Menjelang Perayaan Idulfitri 1440 H, dua kecamatan di Kapuas Hulu infrastrukturnya masih dalam tahap pembangunan dan belum bisa dilalui kendaraan roda empat. 

Kabid Bina Marga pada Dinas PU, Bina Marga, dan SDA Kapuas Hulu, Dedi menjelaskan, untuk dua kecamatan tersebut terdiri dari Kecamatan Bunut Hilir dan Embaloh Hilir. 

"Untuk Bunut Hilir, jika cuaca tidak di musim penghujan, bisa dilalui kendaraan roda dua," katanya.

Sementara untuk Kecamatan Embaloh Hilir, diperkirakan tidak bisa dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun empat.

"Kendaraan roda dua bisa lewat, namun kondisinya jika pengendara itu memaksakan diri dengan medan jalan yang sulit," ucapnya.

Diterangkannya, untuk panjang ruas jalan Nanga Danau-Nanga Bunut (Kecamatan Bunut Hilir)  37,9 kilometer, sementara untuk ruas jalan Nanga Mandai-Embaloh sepanjang 31,7 kilometer.

"Alternatifnya, masyarakat menggunakan akses transportasi Sungai Kapuas," tuturnya.

Dia menargetkan untuk pengerjaan ruas jalan Nanga Danau-Nanga Bunut, akan dituntaskan penanganan gambutnya dalam tahun 2019 ini. Sementara untuk  ruas jalan Nanga Mandai-Embaloh akan dilanjutkan kembali pembangunannya pada 2020 mendatang.

"Secara umum, untuk kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan menjelang perayaan Idulfitri bisa digunakan oleh masyarakat,"tuturnya.

"Biasanya juga, Bupati menyurati setiap OPD untuk memperhatikan kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran, supaya tidak ada gangguan menjelang perayaan Idulfitri. Sejauh ini, surat itu belum disampaikan beliau," ungkapnya. (sap/lha)