Minggu, 22 September 2019


Banjir Genangi Pasar Pagi hingga Permukiman Warga

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 1929
Banjir Genangi Pasar Pagi hingga Permukiman Warga

BANJIR - Potret banjir yang menggenangi pasar pagi Putussibau.

Hujan yang melanda Putussibau dan sekitarnya sejak Jumat (14/6) lalu, mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir.

Sejak Jumat siang, luapan air Sungai Kapuas mulai membanjiri permukiman warga hingga ruas jalan dalam kota, tak terkecuali daerah pasar pagi, pasar utama yang terletak di dekat aliran sungai. 

Namun aktivitas para pedagang dan warga tetap berjalan seperti biasa, walau hampir sebagian tempat berjualan sudah terendam banjir.

"Walau tempat bejualan para pedangnya sudah digenangi air, namun aktivitas tetap berjalan seperti biasanya," kata Iwan, salah satu pedagang di pasar pagi, kemarin.

Iwan menuturkan, kebanyakan pedagang sayur dan pedagang lain pindah dari dalam ke bagian depan Jalan Bustami Putussibau. Sementara pedagang yang ingin bertahan, tetap berjualan di lapaknya seperti biasa.

Karena air tidak begitu dalam, kata dia, yakni sekitar 10 - 20 cm, maka pedagang tetap bertahan di masing-masing lapak menggunakan meja sebagai tempat menyimpan dagangannya.

"Alhamdulillah, hari ini (kemarin, red) sedikit demi sedikit airnya sudah mulai surut walaupun belum sepenuhnya kering," ujar Iwan.

Irwan juga berharap, tak ada banjir susulan datang yang membanjiri wilayah Putussibau dan sekitarnya, sehingga  mengganggu aktivitas warga. (cak/lha)