Dusun Belatung Tak Tersentuh Tim Kesehatan

Kapuas Hulu

Editor elgiants Dibaca : 931

Dusun Belatung Tak Tersentuh Tim Kesehatan
MENARIK PERAHU - Perjalanan tim kesehatan Puskesmas Putussibau ke Dusun Belatung, dusun di ujung hulu Sungai Kapuas. Sebelumnya, dusun tersebut belum pernah didatangi tim kesehatan.
PUTUSSIBAU, SP - Puskesmas Putussibau Selatan memberikan pelayanan kesehatan ke wilayah dusun terpencil di perhuluan Bumi Uncak Kapuas.

Ketua Tim Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) Puskesmas Putussibau Selatan, Herman menyampaikan, Belatung merupakan sebuah dusun di ujung hulu Sungai Kapuas yang letaknya sangat terpencil.

"Ini merupakan kali pertama ada tim kesehatan yang mendatangi dusun tersebut," ujarnya, belum lama ini.
Perjalanan ke Belatung, kata dia, ditempuh selama kurang lebih tiga hari menggunakan perahu dan berjalan kaki menyusuri sungai dan bukit terjal.

"Di tengah perjalanan, kami singgah di Dusun Buung, salah satu dusun di wilayah Desa Tanjung Lokang untuk melakukan pelayanan kesehatan," tuturnya.

Menurutnya, pengobatan di Dusun Buung diikuti oleh kurang lebih 70 orang. Penyakit yang banyak diderita penduduk, antara lain hipertensi, myalgia, ISPA serta infeksi kulit.

"Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Dusun Belatung, menempuh jarak dua hari perjalanan lagi untuk sampai di Dusun Belatung," ucapnya.

Di dusun yang dihuni oleh 19 kepala keluarga tersebut, tim kesehatan PKM Putussibau Selatan melakukan pengobatan, pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK).

"Termasuk pembuatan saluran pembuangan tinja sederhana," katanya.
Pengobatan di Belatung sendiri diikuti oleh 50 orang dengan penyakit yang banyak dijumpai, antara lain ISPA, hipertensi, myalgia dan infeksi kulit.

" Kegiatan ditutup dengan ramah tamah bersama warga Dusun Belatung," ucapnya. (sap/lha)

Minta Perhatian Pemda

Kepala Adat Dusun Belatung, Utun, menyampaikan ucapan terima kasih atas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tim kesehatan PKM Putussibau Selatan.

"Saya berharap, ke depannya masyarakat dusun Belatung lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah daerah," harapnya.
Tidak hanya dari aspek kesehatan, kata dia, tetapi juga aspek lain, seperti infrastruktur. (sap/lha)