Kamis, 19 September 2019


Barisan Milenial Dialog tentang Kapuas Hulu Maju

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 94
Barisan Milenial Dialog tentang Kapuas Hulu Maju

FOTO BERSAMA - Barisan Milenial Kapuas Hulu mengadakan dialog terkait tantangan dan peluang milenial menuju Kapuas Hulu maju, di Cafe Classik, Jalan Gajah Mada Putussibau Utara, Minggu (18/8) malam. Ist

PUTUSSIBAU, SP - Dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI, Barisan Milenial Kapuas Hulu mengadakan dialog terkait tantangan dan peluang milenial menuju Kapuas Hulu maju, di Cafe Classik, Jalan Gajah Mada Putussibau Utara, Minggu (18/8) malam. 

Tokoh Masyarakat Kapuas Hulu, H. Baiduri menyampaikan, dalam membangun Bumi Uncak Kapuas harus dilakukan secara bersama-sama. Sebab, masing-masing individu memiliki kelebihannya yang bisa menutup setiap kekurangan yang ada. 

"Budaya diskusi, dialog seperti ini harus terus diadakam sebagai bentuk untuk menambah dan membuka wawasan," sampainya. 

Ia menilai, apabila masyarakat mengetahui kekurangan dan kelebihan Bumi uncak Kapuas, tentunya mereka akan memiliki panggilan jiwanya untuk bergandengan tangan dalam membangun. 

"Semua pihak harus dilibatkan dalam membangun termasuk generasi melenial,  mereka berpikir secara kritis dan maju," tuturnya. 

Dijelaskannya, tantangan dan kemajuan zaman saat ini sudah sangat pesat. Namun hal tersebut harus dihadapi secara bersama-sama dengan menyiapkan berbagai langkah strategis ke depannya. 

"Kapuas Hulu ini kaya potensi, namun belum semuanya tergali. Itu menjadi tugas dan tantangan kita ke depan untuk memajukan Bumi Uncak Kapuas," ucapnya. 

Ketua Pemuda Muslimin Kapuas Hulu, Abang Basar menyampaikan, pemanfaatan kemajuan teknologi saat ini haruslah secara bijak, sehingga hal tersebut akan mampu memberikan perubahan yang positif baik bagi individu maupun lingkungan saat ini. 

"Saat ini generasi milenial hampir sepenuhnya menguasai teknologi, masing-masing mereka telah memiliki smartphone," ucapnya. 

Hanya, sangat disayangkan pemanfaatannya masih sebatas untuk permainan game online. Padahal melalui media sosial sebenarnya mereka bisa mengoptimalkan untuk menyejahterakan perekonomian mereka dengan menjual berbagai produk Bumi Uncak Kapuas baik ke pasar lokal maupun luar. 

"Sebagian memang sudah ada yang menggunakannya untuk menjual produk produk yang dihasilkan di Bumi Uncak kapuas, "tuturnya. 

Koordinator Barisan Milenial Kapuas Hulu, Andi Ibrahim menerangkan, generasi muda milenial sangat penting dalam menentukan arah pembangunan suatu daerah, potensi ini harus benar-benar dimanfaatkan.

"Mereka berperan dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, politik, pendidikan, budaya, dan lainnya," ucapnya. 

Jika para milenial menaruh kepeduliannya terhadap pembangunan di Kapuas Hulu, menurutnya, tentu Kapuas Hulu akan lebih mampu lagi bersaing dengan kabupaten lain. 

"Generasi muda kita jangan sampai terlena dengan kemajuan teknologi saat ini," pintanya. (syapari/shella)