Kamis, 19 September 2019


Forma-HOB Bahas Hak Asasi Masyarakat Adat

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 95
Forma-HOB Bahas Hak Asasi Masyarakat Adat

MEMBAHAS - Rapat tahunan Forum Masyarakat Adat Heart Of Borneo (Forma-HOB), di Aula Bappeda setempat, Rabu (21/8).

PUTUSSIBAU, SP - Pjw Bappeda Kapuas Hulu,  Budi Prasetyo, membuka seminar dan rapat tahunan Forum Masyarakat Adat Heart Of Borneo (Forma-HOB).

Kegiatan bertemakan  "Hak-hak asasi masyarakat adat di kawasan jantung Borneo", di laksanakan di Aula Bappeda setempat, Rabu (21/8).

Budi menyampaikan,  melalui kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan nilai positif yang bermanfaat bagi masyarakat adat dan Pemda Kapuas Hulu.

"Nantinya, akan dipetakan masalah, kemudian solusi yang ingin dicapai itu seperti apa," katanya.

Budi setuju jika hak asasi manusia masyarakat adat yang berada di wilayah jantung Borneo haruslah menjadi perhatian serius semua pihak.

"Mereka memperjuangkan hak-hak mereka dan itu tidak salah," tuturnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan ke depan mampu menghasilkan rekomendasi untuk pemerintah dalam membangun. Kegiatan ini diakui sangat membantu Pemda.

"Kami mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini. Selain itu, dengan dipilihnya Putussibau sebagai tempat pelaksanaan kegiatan ini, menjadi salah satu penghormatan dan kesempatan dalam membangun daerah ke depannya," ucapnya.

"Isu strategis Kapuas Hulu saat ini ada seperti jantung Borneo, hutan konservasi,  wilayah perbatasan," imbuhnya. 

Ketua Panitia,  Sutomo Mana menyampaikan, kegiatan tersebut dihadiri oleh tiga negara yang bergabung dalam Forma-HOB, yakni Brunei Darussalam,  Malaysia, dan Indonesia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis pekan ini.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan Kapuas Hulu kedepan, " harapnya. (sap/lha)