Minggu, 20 Oktober 2019


Dinkes Gandeng Ormas Bagikan Ribuan Masker

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 69
Dinkes Gandeng Ormas Bagikan Ribuan Masker

APRESIASI KINERJA - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, mengapresiasi pembagian masker oleh Dinas dan relawan, dalam upaya mencegah dampak penyakit yang diakibatkan oleh asap. Ist

Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, mengapresiasi pembagian masker oleh Dinas dan relawan, yang dilaksanakan dalam upaya mencegah dampak penyakit yang diakibatkan oleh asap.

Nasir menyampaikan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran agar kegiatan proses belajar dan mengajar di sekolah dapat diliburkan. Mengingat saat ini, sejumlah wilayah di Bumi Uncak Kapuas masih diselimuti kabut asap.

"Isi surat edaran itu hanya siswanya yang diliburkan, namun tenaga pendidiknya tetap masuk kerja seperti biasa. Karena, para guru itu kita harapkan menyelesaikan pekerjaan administrasinya yang lain," ungkapnya, kemarin.

Dijelaskannya, untuk batas waktu lamanya masa liburan tersebut, disesuaikan dengan kondisi cuaca yang ada. Jika kabut asap masih terus melanda, diperkirakan ada penambahan libur.

Libur para siswa tersebut, diberlakukan untuk semua wilayah di Kabupaten Kapuas Hulu, karena hampir setiap kecamatan terkena kondisi kabut asap yang sangat pekat.

"Untuk kasus ISPA di Kapuas Hulu saat ini, belum mengalami peningkatan. Saya mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap bahaya kabut asap ini," katanya.

Jika hendak berpergian, kata dia, hendaknya selalu menggunakan masker. Sementara tingkat keparahan asap sampai saat ini, belum tinggi.

"Meskipun demikian, dari sisi kesehatan Dinkes Kapuas Hulu bersama lintas instansi telah melakukan berbagai langkah antisipasi pencegahan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Ade Hermanto menyampaikan, puskesmas telah diminta untuk mengantisipasi peningkatan kasus ISPA, mengingat kondisi asap kabut saat ini.

"Laporan harian dari seluruh puskesmas se-Kapuas Hulu belum ada peningkatan kasus ISPA," ucapnya.

Upaya yang dilakukan puskesmas, yakni dengan memberikan penyuluhan dan pembagian masker gratis ke sekolah dan masyarakat.

"Kemarin, masker yang sudah terbagi ke seluruh puskesmas sebanyak 105.350 buah masker, belum termasuk hari ini," ungkapnya.

Menurutnya, untuk hari ini, Dinkes bekerja sama dengan BPBD Kapuas Hulu menggandeng beberapa ormas akan melakukan pembagian masker kepada masyarakat, di antaranya organisasi FKPPI, Sapma Pemuda Pancasila, Tagana, Pramuka Saka Bakti Husada, dan Palang Merah Indonesia Kapuas Hulu. (syapari/shella)