Sabtu, 19 Oktober 2019


Polres Segel Lahan Milik PT Dinamika Multi Perkasa

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 270
Polres Segel Lahan Milik PT Dinamika Multi Perkasa

MENYEGEL - Polres Kapuas Hulu menyegel lahan terbakar milik PT Dinamika Multi Perkasa (DMP) di Desa Kenepai, Kompleks Kecamatan Semitau, Kamis (19/9).

PUTUSSIBAU, SP - Kapolres Kapuas Hulu,  AKBP Siswo Handoyo,  membenarkan adanya penyegelan dengan memasang spanduk PT Dinamika Multi Perkasa (DMP) di Desa Kenepai, Kompleks Kecamatan Semitau, Kamis (19/9) sekitar pukul 17.00 WIB.

Dijelaskannya, penyegelan tersebut dilakukan pihaknya terkait kejadian kebakaran hutan dan lahan di wilayah perusahaan tersebut. "Untuk luas lahan yang terbakar diperkirakan kurang lebih sekitar dua hektare," katanya, Jumat (20/9).

Menurutnya, pada saat pemasangan spanduk segel larangan beraktivitas, disaksikan oleh pihak perusahaan, pihak polsek, dan Camat Semitau.

"Kasus tersebut saat ini masih dalam tahap penyelidikan, di mana lahan masyarakat yang terbakar masuk dalam wilayah konsensi perusahaan," ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa di lokasi yang terbakar, tidak boleh melakukan aktivitas apa pun, selama dalam tahap peyelidikan.

Tindakan yang dilakukan kepolisian, yakni mendatangi TKP, melakukan olah TKP dan memasang garis polisi, serta melakukan penyegelan dengan memasang spanduk larangan beraktivitas di PT Dinamika Multi Perkasa.

"Melakukan BA interogasi lisan terhadap pihak perusahaan, mencari saksi - saksi lain di TKP, dan mengamankan barang bukti yang ada di TKP," tuturnya.

Sementara rencana tindak lanjut, yakni melakukan pemeriksaan terhadap pihak perusahaan, melakukan pemeriksaan saksi-saksi lain, melakukan koordinasi dengan saksi ahli terkait (BPN, perkebunan, LH, dan BMKG).

"Melakukan gelar perkara awal dan melaporkan hasil gelar perkara awal," pungkasnya. (sap/lha)