Senin, 14 Oktober 2019


HMI Minta DPRD Kapuas Hulu Terpilih Bekerja Profesional

Editor:

Shella Rimang

    |     Pembaca: 90
HMI Minta DPRD Kapuas Hulu Terpilih Bekerja Profesional

Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Kapuas Hulu, Rahman Hidayat

PUTUSSIBAU, SP - Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Kapuas Hulu, Rahman Hidayat, berharap dewan terpilih periode 2019-2024 bisa bekerja secara profesional, produktif, dan aspiratif dalam mengakomodasi kepentingan masyarakat Bumi Uncak Kapuas.

"Khususnya di setiap daerah pemilihannya masing-masing," ujarnya.

Menurutnya, tiap-tiap anggota DPRD sebagai perwakilan rakyat di daerah dan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah daerah, diharapkan memahami dan menjalankan fungsinya.

"Seperti legislasi  (pembentukan Perda), anggaran (pembahasan, persetujuan, dan menetapkan APBD),  dan pengawasan (bentuk pengawasan terhadap pelaksaan undang-undang," sampainya.

Termasuk peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah, peraturan daerah, peraturan kepala daerah, keputusan kepala daerah, dan kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

"Dalam hal ini, kita berharap agar para legislator di Kapuas Hulu ini bisa memperhatikan kelompok muda (usia 20-39 tahun ) 89.519 jiwa atau 34,29 persen," ungkapnya.

Tentunya, kata dia, dengan kebijakan-kebijakan yang memberikan ruang untuk pengembangan kreativitas, potensi, dan pembangunan SDM di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Termasuk juga masalah angka kemiskinan dengan persentase 9,60 persen, kemudian masalah sosial lainnya untuk memperhatikan jumlah penyandang disabilitas yang ada di Kapuas Hulu," pintanya.

Legislatif dan eksekutif harus bermitra secara sinergis transparan dalam menetapkan, menggunakan, dan mempertanggungjawabkan APBD Kabupaten Kapuas Hulu setiap tahunnya. (sap)